Kebutuhan Masyarakat Jadi Prioritas

SOREANG – Dinas Peruma­han Rakyat, Kawasan Pemu­kiman dan Pertanahan (Dis­perkimtan) Kabupaten Bandung mengklaim progres pelaksanaan program sudah melebihi target Rencana Pembangunan Jangka Men­engah Daerah (RPJMD).

Kepada Dinas Perkimtan Kabupaten Bandung Erwin Rinaldi mengatakan, sesuai dengan rencana kerja awal tahun 2019. Pihaknya, sudah melaksanakan semua program dan optimistis pada Desem­ber sekarang progresnya su­dah mencapai 90,75 persen

LAKUKAN INTERAKSI: Bupati Bandung Dadang M. Naser (Kiri) bersama Erwin Rinaldi (Kanan) terkait program P2WKSS di Desa Malakasari, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung.

”Pada prinsifnya, semua pro­gram disetiap akhir tahun ha­rus selesai. Mulai pelaksanaan, serapan anggaran dan pertang­gungjawaban. Saya optimistis semua selesai sesuai skejul rencana kerja Disperkimtan,” Kata Erwin saat ditemui Jabar Ekspres di ruang kerjanya di Soreang, kemarin (7/12).

Menurutnya, berdasarkan RPJMD Kabupaten Bandung semua program yang menjadi kewenangan Disperkimtan sudah mencapai target. Khu­susnya proram rutilahu dan kumuh. Walau demikian, ia mengaku, program rutilahu masih menjadi program prio­ritas. Sebab, dilihat dari kebu­tuhan dan ajuan masyarakat.

”Tercapai itu sesuai RPJMD. Tapi, masayarakat masih ba­nyak yang mengajukan ru­tilahu. Selain itu, program air bersih, sanitasi dan kumuh masih menjadi program prio­ritas pada tahun 2020. Sebab, permintaan masih tinggi dan sesuai kebijakan pak Bupati untuk merespon, karena pro­gram itu menyakut kebutuhan masyarakat langsung,” jelasnya.

Lebih lanjut Erwin menga­takan, selain rutilahu program yang menjadi prioritas tahun 2020 mendatang adalah pro­gram air bersih, sanitasi dan kumuh. Sampai akhir 2019 akhir, dengan adanya program kotaku, mampu menurunkan data dan kondisi kampung kumuh.

Erwin menambahkan, selain prgram tersebut. Pihaknya juga, mendorong program terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Se­hat dan Sejahtera (P2WKSS). Menurutnya, P2WKSS meru­pakan program strategis pe­merintah Kabupaten (Pemkab) Bandung. Sehingga, semua SKPD ikut berpartisipasi. Khusus untuk disperkimtan pada tahun ketiga ini ekpe­tasinya lebih meningkat. Se­bab, sesuai dengan program kerja Disperkimtan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan