Kebutuhan Hunian di Cimahi Meningkat

CIMAHI – Berdasarkan data dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bap­peda), pertumbuhan pendu­duk di Kota Cimahi, saat ini terus mengalami peningkatan. Rata-rata peningkatan dalam setiap tahunnya mencapai 1,30 persen.

Tercatat pada 2013 jumlah penduduk di Cimahi hanya sebanyak 570.991 jiwa, pada 2014 bertambah menjadi 579.015 jiwa, 2015 meningkat menjadi 586.580 jiwa, kemu­dian pada tahun 2016 ber­tambah menjadi 594.021 jiwa dan pada tahun 2017 mening­kat menjadi 601.099 jiwa.

Dengan terus meningkatnya jumlah penduduk, maka oto­matis berdampak pada per­lunya penambahan tempat tinggal atau hunian di Kota Cimahi. Dan itu lah yang di­sebut- sebut menjadi salah satu alasan adanya pembangu­nan perumahan Griya Asri Cireundeu di Kampung Adat Cireundeu, Kelurahan Leu­wigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi, Muham­mad Nur Kuswandana men­gatakan, penambahan jumlah penduduk berdampak pada masyarakat Kota Cimahi ba­nyak yang membutuhkan perumahan karena tidak me­miliki rumah hunian.

”Itu karena Kota Cimahi ini merupakan wilayah perko­taan. 30 persen warga Kota Cimahi masih ada yang belum memiliki rumah atau masih banyak yang bersatu dengan keluarga lainnya,” ujarnya saat dihuhungi melalui sambung­an telepon, Selasa (18/2).

Menurutnya, saat ini untuk membangun perumahan di Kota Cimahi, pihaknya, ter­kendala karena keterbatasan lahan, sehingga dengan ada­nya perumahan di Cireundeu disebut bisa mengurangi ma­salah tersebut.

”Jadi kalau ada pengembang yang membangun perumahan ke daerah atas itu lebih baik. Itu masuk alasan juga di­bangunnya perumahan di Cireundeu,” ujarnya.

Masuknya Kota Cimahi da­lam wilayah perkotaan, la­njutnya, maka setiap tahunnya pertumbuhan penduduk terus meningkat. Baik itu oleh warga pendatang maupun dari angka kelahiran.

”Sehingga dengan bertum­buhnya penduduk di Kota Cimahi, kebutuhan hunian pun terus meningkat,” katanya.

Namun dengan adanya pembangunan Perumahan Griya Asri Cireundeu itu, kata dia, bisa membantu masalah banyaknya permintaan kebu­tuhan hunian di Kota Cimahi.

”Betul sangat membantu, karena Kota Cimahi ini me­mang sangat membutuhan perumahan karena masuk wilayah perkotaan,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan