KBB Miliki Potensi Menjadi Juara Pariwisata di Jabar

NGAMPRAH– Kabupaten Bandung Barat (KBB), memiliki potensi besar untuk mengembangkan pariwisata di kancah Internasional layaknya Provinsi Bali. Hal itu didukung dengan infrastruktur dan wisata alam yang sudah ada di KBB.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan, bahwa KBB bisa berhasil menjadi daerah pariwisata yang menjadi andalan Provinsi Jawa Barat di masa mendatang.

Bahkan, kata Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil ini, meyakini bahwa lima tahun ke depan, KBB bisa lebih berkembang di sektor pariwisata.

“Saya yakin KBB bisa menjadi daerah pariwisata yang lebih maju lima tahun ke depan bahkan menjadi juara pariwisata. Karena dari sekarang saja faktor pendukungnya sudah mulai terlihat,” kata Kang Emil di Padalarang baru-baru ini.

Tak hanya pariwisata, ujar Kang Emil, KBB juga mampu menarik para investor untuk menanamkan investasinya di kabupaten yang baru berusia 12 tahun tersebut. Orang nomor satu di Jawa Barat tersebut mencontohkan, kehadiran IKEA di Kota Baru Parahyangan menjadi salah satu bukti investor membidik KBB.

“Sebagai tempat penjualan furniture terlengkap di Indonesia menjadi salah satu daya tarik KBB. Dan membuat daerah ini menjadi tempat yang layak dikunjungi oleh para pengunjung dari berbagai daerah,” katanya.

Menurut Kang Emil, jika daerah mampu menggali potensinya, maka akan mampu menekan angka pengangguran setiap tahunnya. Kang Emil mencontohkan, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran menjadi dua daerah yang mampu menekan angka pengangguran selama ini. Hal itu, kata Kang Emil, karena kedua daerah tersebut berhasil mengembangkan potensi daerahnya dari sektor wisata.

Sementara itu, Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna mengungkapkan, KBB saat ini tengah berbenah diri untuk menjadi daerah yang mengedepankan sektor pariwisata sebagai ujung tombak penggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) di tahun 2020 mendatang.

 

Untuk mewujudkan misi tersebut, Pemkab Bandung Barat akan menghadirkan sedikitnya 10 destinasi wisata baru di KBB. “Kita punya konsep untuk menghadirkan destinasi wisata baru. InsyaAllah ada 10 destinasi wisata baru,” kata Aa Umbara.

Dirinya juga optimistis dengan dibukanya 10 destinasi wisata baru PAD KBB ditargetkan bisa meraih Rp 70 miliar dari sektor wisata.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan