Kasus Kebakaran di Kota Bandung Terus Naik

BANDUNG– Kasus kebakaran setiap tahunnya di Kota Bandung mengalami kenaikan signifikan. Berdasarkan catatan Dinas Kebakaran Kota Bandung pada 2017 terdapat 198 kejadian dan pada 2018 meningkat menjadi 258 kebakaran.

Untuk tahun 2019, yang terbaru seperti terjadi di Jalan Sukasari Nomor 15 RT 02 RW 04 Kelurahan Pamoyanan Kecamatan Cicendo yang menimpa bangunan kosong semi permanen.

Tercatat, selama bulan Februari 2019 sudah ada 6 kejadian kebakaran. Hal itu disampaikan

Bagian Analis Kebakaran pada Dinas Kebakaran Kota Bandung, Mardi Uripto saat dijumpai Jabar Ekspres kemarin. “Bulan Januari sudah 9 kejadian ditambah Februari 6 kejadian jadi total 15 kejadian,” ungkapnya.

Mardi menyebutkan, jika  kejadian terbesar di 2019 ini terjadi pada 5 Februari lalu di Klenteng Ciroyom yang menghanguskan material dengan luas 1.000 meter persegi.

“Visi kami meminimalisir kerugian baik dari jiwa maupun materialnya. Ada empat UPT wilayah kerja yaitu UPT Timur, UPT Utara, UPT Barat, UPT Selatan dan Pusat,” terangnya.

Mardi menuturkan jumlah personel dari ke seluruhan UPT sebanyak 228 personel yang juga setiap kejadian selalu berkolaborasi dengan kepolisian wilayah setempat, PLN, Satpol PP dan Dinas Perhubungan.

“Saya imbau kepada seluruh masyarakat agar lebih menjaga dalam penggunaan gas dan listrik, karena itu merupakan faktor pemicu yang kerap terjadi. Lebih baik menggunakan pengaman gas atau listrik yang kualitas bagus dan harga agak tinggi dari pada dengan harga murah tetapi itu mengakibatkan kebakaran,” pungkasnya. (mg1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan