Kampung KB Hadir di Kelurahan Cibangkong

BANDUNG– Kampung KB (Keluarga Berencana) resmi dikukuhkan oleh Kelurahan Cibangkong di RW 05 Kecamatan Batununggal Kota Bandung, Minggu (17/2).

Lurah Cibangkong, Jana Surjana menuturkan hasil dari kampung KB itu pada akhirnya diharapkan menjadi miniatur Indonesia yang sejahtera.

“Kami menerapkan program taraf hidup keluarga melalui kegiatan KB di RW dari tahapan keluarga pra sejahtera sampai keluarga sejahtera,” tuturnya kemarin.

Dia mengungkapkan kegiatan ekonomi keluarga sejahtera melalui program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) dan  Pusat Informasi Komunikasi Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR)

“Alasan memilih RW 05 sebagai kampung KB karena pencapaian realisasi alat kontrasepsi di RW tersebut masih kecil. Dari 160 pasangan usia subur (PUS) masih 60 persen yang memakai alat kontrasepsi,” tuturnya

Sementara itu, Kader Reproduksi Pos KB, Saidah mengungkapkan ada layanan pemberian alat kontrasepsi gratis bagi warga. “Untuk warga miskin (Warmis) kami menyediakan alat kontrasepsi bekerjasama dengan Puskesmas Ibrahim Adjie. Jika ada warga yang membutuhkan bisa meminta,” terangnya.

Jana mengungkapkan bahwa tingkat partisipasi layanan di RW 05 sangat baik, potensi kadernya aktif jumlah penggiatnya  40 orang.

“Kami sangat menaruh potensi di sini, Kampung KB di Kecamatan Batununggal baru ada dua, tahun 2017 kemarin di Kelurahan  Binong tahun ini di Kelurahan Cibangkong. Sementara di tingkat Kota Bandung dari 151 kelurahan ada 59 kampung KB,” pungkasnya. (mg1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan