Kafilah Kabupaten Bandung, Ikuti STQH XVI Jawa Barat

SOREANG – Kabupa­ten Bandung akan mengikuti Seleksi Tilawah Qur’an dan Hadits (STQH) XVI Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahun 2019. Ajang yang akan digelar di Pusat Dakwah In­donesia (Pusdai) Bandung tersebut dibuka pada 28 April, dan berlangsung sampai 4 Mei 2019.

Bupati Bandung H. Dadang M. Naser melepas 65 orang kafilah yang terdiri dari 22 peserta, 20 pembina dan 23 official tersebut. Ia menga­presiasi pembinaan yang telah dilakukan para pengu­rus Lembaga Pengembangan Tilawah Qur’an (LPTQ) Ka­bupaten Bandung.

”Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pen­gurus LPTQ. STQH tingkat Jabar ini tentunya telah melalui persiapan yang ti­dak singkat, dalam meng­gali dan mencetak potensi-potensi terbaik di bidang tilawah Qur’an,” Jelas Da­dang M Naser disela-sela acara Pelepasan Kafilah STQH Kabupaten Bandung di Rumah Jabatannya di Soreang, belum lama ini.

Pelaksanaan STQH, kata dia, merupakan wujud nyata dari visi dan misi pembangunan Kabupaten Bandung, yaitu peningka­tan sumber daya manusia yang religius.

”Bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupa­ten Bandung, kami juga membina para Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabu­paten Bandung. Apakah bacaan Al Qur’an nya sudah benar, baik dari segi pela­falan dan pemahamannya. Termasuk saya ketika men­jadi imam, tolong dikorek­si jika ada pelafalan yang menurut ilmu tajwidnya kurang pas,” tuturnya.

Menurut Dadang keikut­sertaan dalam ajang terse­but, tidak semata-mata berkaitan dengan raihan juara. Namun lebih dari itu, kata dia, bagaimana Al Qur’an di syi’arkan melalui tilawah pendalaman mak­na dan pengamalannya.

”Menjadi juara jangan dija­dikan target utama, namun esensi dari tilawah itu sen­diri adalah bagaimana kita memahami isi kandungan Al Qur’an, serta bagaimana kita mengamalkannya dalam ke­hidupan sehari-hari,” akunya.

Dadang menambahakn, agar seluruh peserta dapat termo­tivasi untuk berjuang mem­berikan yang terbaik pada ajang tersebut. Terlebih lagi dengan telah diraihnya juara 1 Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) oleh Salman Amrillah.

Tinggalkan Balasan