Kabupaten Bandung Raih Prestasi pada Kontes Ternak 2019

BANDUNG – Expo Peternakan dan Kontes Ternak ke-38 Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang diselenggarakan di Kabupaten Indramayu pada 23 – 24 Juli 2019 lalu, diikuti berbagai jenis ternak sapi, domba, kambing, ayam dan itik dari kabupaten/kota di Jabar.

Selain itu, event tersebut juga mengekspos panen pedet sapi potong hasil pelaksanaan inseminasi buatan (IB), Pameran Sumber Daya Genetik Lokal dan Bursa Ternak Qurban, Pameran Pembangunan, Gelar Teknologi dan Produk dari seluruh Sub Sistem Agribisnis Peternakan (Hulu – Produksi – Hilir), serta Produk Pangan Unggulan dari perwakilan dinas masing-masing daerah.

Dalam Kontes Ternak, Kabupaten Bandung sendiri mengikutsertakan empat ekor sapi perah, dua ekor kambing perah raja pejantan, dua ekor kambing ratu bibit, dan 34 ekor domba garut.

Pada kegiatan yang dipusatkan di Lapangan GOR Singalodra Sindang Kabupaten Indramayu tersebut, domba asal Kecamatan Arjasari meraih Juara 1 dan Juara 2 untuk Kategori Petet.

“Untuk Kategori Domba Petet, Juara 1 diraih domba bernama 3 Nagri milik Iman Welman, dan Juara 2 diraih domba bernama Prabu milik Cepi Ramdani. Kedua pemilik ini merupakan warga Desa Batukarut Kecamatan Arjasari,” kata Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kabupaten Bandung Ir. H. A. Tisna Umaran, MP di tempat kerjanya di Soreang, Jumat (26/7).

Kemudian Juara 1 juga diraih domba asal Kecamatan Katapang untuk Kategori Ratu Bibit. Untuk Kategori Raja Kasep (Raja Pejantan), domba asal Kecamatan Ibun dan Majalaya masing-masing meraih Juara 2 dan 3.

Pada Kategori Sapi Perah Betina, Juara 2 diraih peserta asal Kecamatan Pangalengan. Sedangkan Kambing Ratu Bibit dari daerah yang sama meraih Juara 3.

“Kategori Domba Ratu Bibit Juara 1 diraih Domba Mojang Priangan milik Dikdik Aprianto, warga Desa Gandasari Kecamatan Katapang. Kategori Domba Raja Kasep Juara 2 diraih Domba Dorna milik Baran Siswandi warga Desa Ibun Kecamatan Ibun. Sedangkan Domba Gembang milik H. Arif Fridaya warga Desa Majakerta Kecamatan Majalaya merebut Juara 3,” urai Kadistan.

Selain itu, Enung Suarni warga Kecamatan Pangalengan juga meraih prestasi. Sapi perah betina miliknya menempati Juara 2 untuk Kriteria Umur 12-15 bulan. Dede Sobar, asal Pangalengan, meraih Juara 3 untuk Kambing bernama Bantul pada Kategori Ratu Bibit.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan