Jumlah Partisipasi Pemilih Harus Tinggi

BANDUNG– Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berharap partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 tinggi. Oleh karenanya, Yana meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung dapat mengakomodir semua pemi­lik hak suara untuk bisa me­nyalurkan haknya.

“Jadi semua warga yang pu­nya hak pilih dapat terpenuhi hak untuk memilihnya,” ujar Yana acara Rapat Pleno Ter­buka Penetapan Daftar Pe­milih Tambahan (DPTb) serta Perbaikan Daftar Pemi­lih Tetap (DPT) Kota Bandung dalam Pemilu 2019 di Grand Cordela Hotel, Jalan Soekar­no-Hatta Bandung, Senin (18/2).

Yana mengatakan, Pemerin­tah Kota (Pemkot) Bandung akan berupaya agar Pemilu 2019 berkualitas. Pemilu yang berkualitas adalah ketika ma­syarakat bisa menggunakan hak pilihnya dengan baik dan benar, terpeliharanya tole­ransi, serta terjaminnya hak-hak orang lain tanpa diskri­minasi.

Untuk itu juga, Pemkot Bandung akan membantu penyelenggara untuk mewu­judkan hal tersebut.

“Saya optimis forum ini bisa menghasilkan data pe­milih yang akurat,” ujar Yana.

Yana menuturkan, persoalan krusial yang biasa dihadapi saat Pemilu adalah data pe­milih.

Oleh karena itu, Yana ber­harap kepada para pemilih yang tidak bisa memilih ka­rena berbagai alasan agar mendapat perhatian khusus agar hak konstitusionalnya dapat terpenuhi.

“Khusus bagi pemilih yang tidak bisa memilih karena beragam alasan, sejatinya perlu mendapat kemudahan dengan cara memilih di TPS terdekat sesuai dengan ke­giatannya,” ujar Yana.

Yana berharap, penyeleng­gara pemilu bisa bekerja ekstra untuk menyajikan data pe­milih yang akurat, atau men­data warga yang mempunyai hak pilih.

“Jadi semua warga yang pu­nya hak pilih dapat terpenuhi hak untuk memilihnya,” pinta Yana. (mg1/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan