Job Fair 2019, Disnaker Sediakan 3000 Lowongan Kerja

SOREANG – Untuk meminimalisir angka pengangguran, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bandung menggelar job fair, 10-12 Desember 2019 mendatang.

Kepala Disnaker Kabupaten Bandung Rukmana mengatakan, pelaksanaan job fair tahun ini merupakan giat tahun ke 8. Ada sekitar 65 Perusahaan yang akan membuka lowongan kerja (Loker), dengan kapasitas yang disediakan 3000 tenaga kerja.

”Ini Job fair yang ke 8 tahun 2019, 65 perusahaan akan membukan 3000 loker dengan berbagai keahlian dan latar belakang pendidikan,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya di Soreang, Rabu (4/12).

Menurut Rukmana, selain perusahaan yang berdomisili di Kabupaten Bandung. Job Fair tahun ini, dikuti perusahaan dari Jakarta dan Bogor baik dari perusahaan Tekstil, Garmen juga diikuti Badan Usaha Milik Negara (BUMN) BUMD dan Beberpa perusahaan Bank.

”Pada job fair tahun ini, diiukuti perusahaan swasta, BUMN dan BUMD yang berpartisipasi membuka kesempatan kerja untuk masyarakat Kabupaten Bandung. Pelaksanaan Job Fair dipusatkan di dome bale rame Geong Budaya soreang, setiap hari selama tiga hari,” jelasnya.

Rukmana menjelaskan, job fair tersebut, terdapat berbagai posisi pekerjaan. Dengan kualifikasi pendidikan dari mulai tingkat SD hingga diploma dan sarjana. Adapun perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja itu yakni dibidang tekstil, garmen, industri makanan, manufaktur, pendidikan dan lainnya. Pencari kerja yang belum memiliki Kartu Kuning (kartu pencari kerja), tak perlu khawatir karena bisa langsung membuat disana.

”Termasuk pembuatan pas poto untuk Kartu Kuning, kami sediakan gerai untuk poto gratis. Jadi masyarakat tinggal datang dengan membawa berkas lamaran dan silahkan isi kesempatan kerja yang ada sesuai minatnya,” tuturnya.

Hal yang sama dikatakan Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja DA Hidayat, menurutnya, dalam jod fair kali ini, tak hanya sekedar menyediakan lowongan kerja saja. Pihaknya juga bekerjasama dengan komunitas pangkas rambut. Jadi pencari kerja yang datang bisa sekalian menikmati fasilitas cukur rambut gratis. Bahkan, para pegiat komunitas ini juga akan memberikan kursus singkat pangkas pangkas rambut.

”Nah pencari kerja yang rambutnya agak gondrong dan ingin terlihat rapih saat melamar kerja silahkan manfaatkan kesempatan ini. Tak hanya itu saja, dalam jod fair ini juga kami mengadakan pelatihan keahlian service telepon genggam, dengan peserta sebanyak 60 orang,” akunya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan