Jantung Bocor

SIAPA tahu. Anda adalah anak muda. Yang tertarik beri pertolongan ini: bikin aplikasi. Untuk antrean operasi jantung BPJS. Atau operasi apa saja. Bahkan yang bukan operasi. Yang modern. Yang bisa diakses dari desa sekali pun.

Agar jangan lagi seperti sekarang. Seperti dia ini.

Perempuan ini merasa sangat terpaksa. Menghubungi saya dari HK. Dia TKI di sana. “Sepupu saya pinsan-pinsan terus. Sekarang ini juga lagi pinsan,” tulisnya dalam WA. Pekan lalu.

Dia kenal saya. Saya, duluuuu, memang sering ke Hongkong. Sering juga menghadiri forum yang mereka adakan.

Sepupunya itu tinggal di desa. Di pelosok Magetan. Di desa kelahiran saya. Namanya Ria. Berarti Ria sepupu saya juga.

Saya pun mendadak pulang ke Surabaya. Terutama setelah mendapat penjelasan tambahan: Ria sakit jantung. Jantungnya bocor. Dokterlah yang mengatakan itu. Kepada Ria. Juga kepada sepupunya di Hongkong itu.

Saya pun membayangkan jangan-jangan Ria akan meninggal mendadak. Umurnya baru 26 tahun.

Saya belum bisa membeda­kan mana sakit jantung yang berbahaya dan yang sangat berbahaya. Begitu dengar ‘pingsan-pingsan’ saya pun ikut panik.

Pengetahuan masyarakat umumnya mirip: sakit jantung itu bisa membuat penderita­nya mendadak meninggal. Tidak membeda-bedakan jenis sakit jantungnya.

Sebenarnya Ria tidak ingin minta tolong saya. Dia dan suaminya bisa urus sendiri. Ria lulusan IKIP Madiun. Suaminya lulusan STM. Me­reka sudah ke rumah sakit di Madiun. Beberapa kali. Tapi RSUD Madiun tidak memi­liki fasilitas operasi jantung.

Dirujuklah ke RSUD DR Sutomo Surabaya. Mereka pun ke Surabaya. Tidak memberi tahu saya. Tidak mampir ru­mah saya. Di Surabaya Ria dilayani dengan baik. Tapi memang harus dioperasi. Berbagai pemeriksaan tam­bahan harus dilakukan. Ria bolak-balik Magetan-Surabaya.

Tanggal 4 Maret lalu Ria mendapat nomor antrean: 154. Tidak ada gambaran ka­pan operasi bisa dilakukan. “Mungkin tiga bulan lagi. Antreannya panjang,” Itulah penjelasan yang dia terima.

Ria pun pulang ke desa lagi.

Dia terus menunggu tilpon dari rumah sakit Surabaya. Menunggu panggilan untuk dioperasi. Yang dinanti tidak pernah datang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan