Jangan Lupakan Ramadan

SOREANG– Sebulan penuh umat muslim melaksanakan ibadah shaum di bulan Ra­madan, tidak terkecuali dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung. Aktivitas berjalan seperti pada hari biasa, hanya saja terdapat sedikit perbedaan waktu dengan hari-hari di luar Ramadan. Jika biasanya jam kerja dimulai pukul 07.30 sampai dengan 16.00 WIB, maka di bulan Ramadan jam kerja dimulai pukul 08.00 sampai dengan 15.00 WIB.

Apel pagi yang biasa dila­kukan pada hari Senin sampai Kamis pun tetap dilakukan.

Memasuki hari pertama Ramadan 1440 Hijriah, ratu­san ASN di lingkungan Pem­kab Bandung mendapatkan tausiyah dari penceramah K.H. M.D. Ubaydillah dalam kegiatan Siraman Rohani (Si­roh). Kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian dan Peng­embangan Sumber Daya Ma­nusia (BKPSDM) Kabupaten Bandung tersebut, berlangs­ung di Gedung Mohamad Toha Komplek Perkantoran Pemkab Bandung Soreang, Senin (6/5/2019) lalu.

Kegiatan siroh rutin dilakukan setiap bulan, da­lam rangka pem­binaan mental bagi para pegawai di lingkungan Pemkab Bandung. Pembinaan mental dalam hal ini, ya­kni beru­paya un­tuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, dalam rang­ka mencetak karakter sumber daya manusia ASN yang tak hanya cerdas intelektual namun juga cerdas akhlaknya.

Di hari kedua, Wakil Bu­pati (Wabup) Bandung H. Gun Gun Gunawan, didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Drs. Teddy Kusdiana dan Kepala BKPSDM Kabupaten Bandung H. Wawan Ahmad Ridwan, melakukan inspeksi menda­dak (Sidak) ke sejumlah Pe­rangkat Daerah (PD) di ling­kungan Pemkab Bandung.

Wabup mengungkapkan, inspeksi tersebut dilaksanakan untuk memantau kehadiran dan kinerja ASN, khususnya dalam pelayanan masyarakat selama Bulan Ramadhan. Tem­pat pertama yang dikunjungi adalah Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil), di hari kedua ramadan tersebut pelayanan kepada masyarakat berjalan lancar.

“Untuk DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pe­layanan Terpadu Satu Pintu) juga berjalan lancar, meskipun pelayanan tidak sebanyak di Disdukcapil. Kami juga men­gunjungi pelayanan di Mall Pelayanan Terpadu di Trans­mart Soreang. Tidak ada ma­salah yang serius, hanya ter­kait ketersediaan blanko, tapi semuanya bisa dikoor­dinasikan. Kunjungan ke Dinas Perhubungan (Dis­hub) juga sekaligus per­siapan rapat PAM (pengamanan) untuk mengetahui sejauh­mana kelancaran saat arus mudik dan balik, yang dikoordinasikan bersama Polres dan Dis­hub Jawa Barat,” ungkap wa­bup disela-sela sidak di Kan­tor Dishub Kabupaten Bandung, Selasa (7/5/2019).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan