Jamin Pelaksanaan Mudik Aman

CIMAHI – Untuk membe­rikan rasa aman dan nyaman bagi pengendara yang akan mudik melintasi jalur Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat, sedikitnya 708 personil diterjunkan Polres Cimahi di titik pengawasan dan penjagaan arus mudik.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Cimahi, AKBP Rus­dy Pramana Suryanagara, usai pelaksanaan Apel Gelar Pa­sukan Operasi Ketupat Lodaya 2019, dalam rangka mema­tangkan persiapan menghada­pi arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, di Lapangan Apel Mapolres Cimahi, Jalan Amir Machmud, Selasa (28/5).

Rusdy menjamin pelaks­anaan mudik tahun 2019 ini akan aman dan lancar se­perti tahun-tahun sebelumnya, sebab, selain didukung ke­siapan personel kepolisian, pihaknya pun didukung oleh pemerintahan setempat dan beberapa elemen masyarakat.

Tidak hanya itu, lanjutnya, sebagai penunjang pengawa­san kelancaran dan keamanan arus mudik, pihaknya juga sudah mendirikan beberapa pos penjagaan dan pos pe­layanan di wilayah Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat.

”Ada tiga titik pos penjagaan yaitu di Alun-alun Cimahi, Lembang, dan Padalarang. Kalau pos pelayanan ada dua titik, dan pos gatur ada ratu­san titik di wilayah Cimahi dan KBB,” kata Rusdy.

Menurutnya, ada beberapa titik yang diprediksi selalu ter­jadi kemacetan yakni Jalan Raya Padalarang, Jalan Raya Lembang, Simpang Beatrix, serta Jalan Raya Amir Machmud. Sehingga titik-titik tersebut akan diberikan perhatian lebih.

”Biasanya kemacetan di Padalarang terjadi karena ada pasar tumpah,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya akan menempatkan petugas yang khusus mengurai kemacetan. Tidak hanya itu Penertiban parkir juga akan dilakukan instansi terkait di titik kema­cetan lainnya.

”Saya berharap dengan apa yang kami lakukan dapat memperlancar perjalanan para pemudik,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Pol­res Cimahi juga memusnah­kan ribuan botol minuman keras berbagai merek dan ratusan botol ciu serta 18 je­rigen tuak.

”Barang yang kami musna­hkan hasil dari pengungkapan selama lima bulan. Ini kami lakukan sebagai upaya cipta kondisi. Sampai lebaran nanti, personel kepolisian juga disiagakan untuk KKYD ke sejumlah objek vital di Ci­mahi dan KBB,” tandasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan