Jalan Longsor Belum Diperbaiki

KERTASARI – Warga dan peng­guna jalan Kertasari mulai dili­puti rasa khawatir saat melintas di jalan kampung Neglasari, Desa Cibeureum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. Sejak terjadi longsor pada April 2019 lalu, mengakibatkan seba­gian badan jalan tergerus. Sam­pai saat ini, kondisi jalan tersebut, masih belum diperbaiki.

Karena kondisi jalan belum diperbaiki sehingga terbeng­kalai, sehingga warga dan pengguna jalan yang melintas jalan tersebut, tepatnya depan kantor Polsek Kertasasari selalu merasa was was.

Salah seorang warga Kerta­sari Kadahfi (37) mengatakan, jalan tersebut idealnya sudah tidak layak di pakai, karena akan mengakibatkan kecelaka­an. Menurutnya, dulu sebelum terjadi longsor, jalan tersebut muat untuk dua kendaraan roda empat, namun saat ini tidak bisa di gunakan untuk dua kendaraan hanya masuk satu kendaraan saja.

”Sekarang jadi bergantian kendaraan yang akan melin­tasi ke jalan itu, karena jalan hanya cukup untuk satu ken­daraan saja,” kata Kadahfi saat ditemui di Kertsari, Minggu (30/6).

Menurut Kadahfi, karena belum juga ada perbaikan, longsoran jalan tersebut bertambah besar. Sehingga, setengah badan jalan tidak bisa digunakan, kendara­an yang melintas harus bergan­tian. Padahal, jalan tersebut merupakan akses utama yang bisa dilintasi semua warga ker­tasari.

”Ada jalan alternatif namun tingkat kecuraman lebih tinggi dan rawan, sehingga masyarakat lebih banyak menggunakan jalan utama, karena lebih nyaman meng­gunakan jalan itu,” jelasnya.

Kadahfi menjelaskan, ka­rena jalan tersebut merupakan akses utama. Warga dan peng­guna jalan berharap kepada pemerintah agar segera mela­kukan perbaikan. Sebab, apa­bila tidak cepat di perbaiki khawatir kecelakaan tambah banyak karena tambah besar longsorannya.

”Jalan ini jalan utama, maka kami sebagai warga Kerta­sari berharap jalan itu segera di perbaiki, karena ditakutkan akan bertambah banyak kor­ban, dan pengangkutan kopi atau sayuran pun bisa terham­bat,” katanya.

Ditemui terpisah Kapolsek kertasari IPDA Yoni Agusti­na menjelaskan, pihaknya sudah memasang police line di jalan yang longsor itu, karena jalan tersebut terkikis semakin me­lebar sejak bulan April lalu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan