Indonesia Ingin Kembangkan Biofuels Katalis

BANDUNG – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengunjungi Industri Biofuels Katalis dan Sawit yang dikelola oleh Laboratorium Teknik Reaksi Kimia dan Katali Teknologi Institut Teknologi (ITB) Bandung.

Luhut menuturkan, Pemerintah Indonesia mendukung pengembangan Industri Biofuels Katalis yang dikelola oleh ITB dan industri tersebut merupakan yang pertama di Indonesia berbasis minyak dapat mengubah sawit menjadi bahan bakar jenis lain. Seperti biodiesel, bioavtur, dan biogasoline.

“Saya sudah lihat (Industri Biofuels Katalis) hasilnya sudah bagus. Saya tanya ke Rektor ITB apakah ini sudah di tes laboratorium? Ternyata sudah di uji coba sama Pertamina,” kata Luhut di ITB, Jalan Ganesha No. 10, Kota Bandung. Rabu (30/1).

Dia mengatakan sebelumnya sudah ada beberapa menteri mengunjungi Industri Biofuels Katalis ini. Maka dari itu, pihaknya akan menindaklanjuti, namun akan melihat dan memastikan terlebih dahulu dari sisi kajian perekonomiannya.

“Secara awal saya sudah lapor kepada Presiden, dan Menteri Bapennas, Menteri Keuangan, Menteri Industri sudah kemari. Sekarang tinggal berbicara eksekusi,” tegasnya.

Luhut juga menjelaskan bahwa pihaknya sudah 3 kali menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) mengenai Industri Biofuels Katalis tersebut.

“Kalau hasilnya dapat secara ke ekonomi nanti kita usulkan kepada Presiden untuk ada rapat terbatas sehingga Presiden mendengar sendiri penjelasan ini dan bisa membuat keputusan yang cepat,” tandasnya. (mg4/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan