Imlek 2570, Pos Indonesia Luncurkan Prangko Shio Babi

BANDUNG – Dalam rangka menyambut Imlek 2570, PT Pos Indonesia (Persero) mengeluarkan seri terbaru prangko Babi. Prangko seri Shio Babi dengan menampilkan profil babi pada artefak-benda peninggalan sejarah Nusantara.

Babi merupakan perlambang kejujuran, kesederhanaan dan keuletan yang luar biasa, serta gagah dan juga lambang kekuatan. Peluncuran seri prangko ini diselenggarakan PT Pos Indonesia (Persero) di Atrium Mall 23 Paskal Bandung, Senin (28/1).

PT Pos Indonesia (Persero) secara rutin menerbitkan seri prangko bertema shio sejak 2007 dan tahun ini telah memasuki tahun kedua belas. Langkah Pos Indonesia  menerbitkan prangko bertema shio ini bisa memenuhi harapan para filatelis lokal dan mancanegara, terutama masyarakat Tionghoa Indonesia yang juga banyak menjadi pencinta filateli.

Selain dibuat dalam jumlah terbatas, dan dicetak melalui proses security printing oleh pihak PERURI, tema prangko yang selalu diminati khususnya oleh para Filatelis ini tentunya tidak akan dicetak ulang dengan alasan apapun. Sampul Hari Pertama hanya dicetak sebanyak 2.570 lembar. Salah satu keping/lembar prangko Tahun Babi ini dicetak menggunakan teknis emboss.

Emboss merupakan teknik finishing proses cetak tinggi yang memberikan efek timbul/dimensi pada bagian tertentu di permukaan kertas, sehingga desain menjadi berkesan 3 dimensi. Melanjutkan tradisi penerbitan tema astrologi sebelumnya, pada penerbitan seri Tahun Babi ini juga diterbitkan Kemasan Khusus yang dicetak hanya 5.000 set.

Salah satu fungsi prangko adalah sebagai perekam peristiwa dan sebagai media perekat antar bangsa. Prangko dengan tema shio merupakan perwujudan pembauran budaya antar bangsa dan warga Negara, antara budaya Indonesia dan budaya Tionghoa.

Tidak hanya itu, penerbitan prangko shio merupakan kebanggaan bagi Pos Indonesia untuk turut berpartisipasi meramaikan Tahun Baru China dengan mengeluarkan prangko seri Babi ini.

”Tidak hanya itu, Peluncuran prangko Shio Babi ini dilaksanakan bersamaan dengan pameran fotografi. Pada kegiatan ini juga Pos Indonesia memberikan layanan Prangko Prisma,” kata Manajer Public Relations PT Pos Indonesia Tita Puspitasari dalam rilis yang diterima redaksi, kemarin.

Shio sudah dikenal sejak tahun 2637 SM, ketika Kaisar Huang Ti memulai putaran pertama dari zodiak tersebut pada tahun pemerintahannya yang ke 61.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan