Ikuti Pelatihan Manasik Haji

SOREANG – Sebanyak 2.578 Calon Jamaah Haji asal Kabupaten Bandung ikuti Pelatihan Manasik Haji Masal I di Masjid Al-Fathu, Soreang (24/6/2019).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Teddy Kusdiana menjelaskan, pelaksanaan manasik lebih menitikberatkan pada praktek lapangan.

”Pada hari ini para calon jamaah haji melaksanakan pelatihan manasik haji tingkat kabupaten, yang di fokuskan pada praktek lapangan, sebagai lanjutan dari pembinaan di KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) dan tingkat dasar/lanjutan,” Katanya saat ditemui di Soreang.

Teddy berpesan kepada seluruh calon jamaah haji untuk melaksanakan ibadah dengan niat yang tulus dan ikhlas. Selain itu, Ia juga meminta agar jamaah senantiasa memelihara kesehatan, dengan harapan pelaksanaan ibadah dapat berjalan dengan lancar.

”Untuk ketertiban dan kelancaran dalam beribadah, saya meminta seluruh calon jamaah haji Kabupaten Bandung untuk dapat mematuhi semua peraturan yang telah ditentukan, jauhi bisikan-bisikan atau ajakan yang mengarah kepada kegiatan politik praktis dan yang terpenting adalah patuhi arahan petugas, jangan fokus sendiri apalagi sampai tertinggal rombongan,” Tuturnya.

Menurut Teddy, melalui kegiatan tersebut, pihaknya berharap agar calon jamaah haji berlapang dada untuk menerima pemberangkatan sesuai dengan pengaturan dari pemerintah.

”Yang paling penting semua jamaah haji dapat melaksanakan ibadah sesuai dengan syarat, rukun dan wajib haji, serta dapat melaksanakan ibadah-ibadah sunnah lainnya dengan tenang, tertib dan khusus, sehingga menjadi haji yang mabrur dan dapat kembali ke tanah air dengan selamat,” kata Teddy.

Sementara Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bandung Asep Ismail, mengatakan, pelaksanaan bimbingan manasik haji masal dilaksanakan sebanyak dua kali (pemantapan ketua regu dan ketua rombongan).

”Untuk pelaksanaan bimbingan manasik haji yang harus diikuti calon jamaah haji Kabupaten Bandung, sebanyak enam kali pertemuan yang dilaksanakan serentak di KUA (Kantor Urusan Agama) tiap kecamatan selama bulan Juni 2019,” ungkapnya.

Asep menjelaskan, kegiatan manasik tersebut diikuti seluruh peserta jamaah haji di Kabupaten Bandung yang masuk dalam kuota tahun 1440 Hijriah / 2019 sebanyak 2.578 orang.

Asep menambahkan, rencana perjalanan ibadah haji menurut kalender umum Arab Saudi dimulai sejak calhaj masuk asrama pada 6 Juli 2019, wukuf pada Selasa 10 Agustus 2019 dan awal pemulangan jamaah pada 17 Agustus 2019.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan