Hari Pertama Operasi Sakoci Sepi Penumpang

CIMAHI – Di hari pertama beroperasi bus wisata Saba Kota Cimahi (Sakoci) belum dapat menarik minat masyarakat.hal tersebut dapat dilihat dari empat jadwal keberangkatan yang telah ditetapkan Organisasi Angkatan Darat (Organda) Kota Cimahi, yakni pukul 08.00, 10.00, 13.00 dan 15.00 WIB, Sakoci hanya menuntaskan satu jadwal saja. Yaitu pukul 08.00 WIB. Itupun rombongan.

Berdasarkan pantauan, setelah mengantarkan rombongan salah satu Taman Kanak-kanak (TK) di Kota Cimahi, bus Wisata itu langsung terparkir di Alun-alun Kota Cimahi.

Bahkan hingga pukul 10.00 WIB atau rit kedua, Sakoci masih terpakir di tempat semula. Belum ada warga yang ingin menggunakan jasa Sakoci untuk berwisata mengeliling sejumlah tempat bersejarah di Kota Cimahi.

Akhirnya pukul 11.00 WIB, pihak pengelola yakni Organda memutuskan untuk menghentikan operaso Sakoci dihari pertama atau pada Sabtu 9 Maret 2019.

”Hari ini stop dulu, besok dilanjut lagi. Sepi, maklum kan baru hari pertama,” ujar Wakil Ketua Organda Kota Cimahi, Olan Siswanto saat ditemui di Alun-alun Kota Cimahi.

Olan mengaku, untuk mempromosikan keberadaan Sakoci, pihaknya berencana menyebarkan brosur dan informasi lewat Media Sosial (Medsos).

”Mudah-mudahan setelah ada brosur dan informasi di medsos banyak yang datang. Kalau prediksi saya, seminggu lagi juga rame,” katanya.

Ia menuturkan, pagi tadi Sakoci baru mengantarkan rombongan dari salah satu TK di Kota Cimahi. Rutenya, sesuai yang direncanakan sebelumnya yakni melewati bekas bioskop bersejarah yakni ‘Rio’ kemudian melewati bekas pos penjagaan zaman penjajahan dulu yang sekarang dijadikan Toko Buku Nasution. Selanjutnya melewati Jalan Amir Mahmud (Tagog) yang dulu sebagai pemberhentian kuda. Selanjutnya, akan melewati Jalan Gatot Subroto seperti markas Kodim 0609-Markas Baralyon Armed 4-GS, Pusdik Gumil, Tih dan Pengmilum, Pusdikhub, Pusdik Bekang, Gedung Balai Prajurit Soedirman.

Rute selanjutnya adalah Jalan Poncol-Gg Penjara Militer Poncol, eks Gudang Senjata Pusdikpal, Jalan Baros-Taman Kartini, Gereja Tua Santo Ignatius, serta Pussen Armed. Sakoci juga akan masuk ke Jalan Haji Haris-Masji Al-Bakhirah (masji perahu).

Kemudian, masuk Jalan HMS Mintaredja-Pusdikpom-Gedung Baros Information Technologi Creatif (BITC), Pusdik Armed, Gedung Technopark, Jalan Kerkof-Taman Kehormatan Pemakaman Ereveld Kerkhof dan Kampung Adat Cireundeu dan kembali lagi ke Alun-alun Kota Cimahi.(ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan