Harga Kebutuhan Pokok Mulai Naik

CIMAHI – Harga bawang merah mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Dari harga sebelumnya di kisaran Rp 30 ribu kini menjadi Rp 40 ribu atau naik sekitar 30 persen lebih. Pemicu kenaikan harga tersebut, diduga karena faktor cuaca yang mengakibatkan gagal panen. Sehingga kebutuhan bawang merah melebihi stok yang ada.

Nana Supriatna,65, salah seorang pedagang sayuran di Pasar Atas Baru Kota Cimahi mengungkapkan, kenaikan dilakukan para petani agar mempertahankan kualitas barang. Sebab, tidak semua bawang merah yang dipanen dapat dipasarkan.

”Kalau serung hujan hasil panen tidak semuanya bagus. Sebagian malah ada yang busuk karena terendam air,” kata Nana, di Pasar Atas Baru, Jalan Kolonel Masturi, Selasa (23/4).

Selain karena cuaca, menurut Nana, jelang ramadan juga akan mempengaruhi kenaikan harga. Bahkan, lanjutnya, biasanya jelang bulan suci hampir semua barang mengalami kenaikan.

”Biasa lah kalau mau puasa semua pasti naik,” ujarnya.

Tidak hanya bawang merah, kenaikan pun terjadi pada bawang putih. Namun, kata Nana, kenaikan bawang putih terjadi karena adanya kebijakan impor bawang putih yang belum lama ini dilakukan pemerintah.

Seperti diketahui, pasca pemungutan suara 17 April lalu, Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI menerbitkan izin impor 100 ton bawang putih kepada tujuh perusahaan.

”Kebijakan impor itu ada dampaknya juga, bawang putih jadi naik. Sekarang harga bawang putih Rp 50 ribu asalnya cuma Rp 40 ribu perkilo,” tandasnya.

Selain bawang putih dan bawang merah, kenaikan harga terjadi juga pada daging ayam yang semula Rp 33 ribu kini menjadi Rp 36 ribu.

Enung, 42, salah seorang pedagang ayam mengatakan, kenaikan harga daging ayam ini memang lumrah terjadi menjelang Ramadan. Diprediksi harga itu akan bertahan sampai nanti mendekati bulan suci.

”Iya kalau harga ayam naik udah sepekan lalu. Kayanya sampe puasa bertahan harganya,” katanya.

Sementara itu harga komoditas pangan lainnya, seperti daging sapi masih bertahan diharga Rp110.000 perkilogram. Beras medium dikisaran Rp9.860-an perkilogram, beras premium kisaran Rp11.900-an per kilogram.(ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan