Hadirnya IKEA Diharapkan Serap Tenaga Kerja Lokal

NGAMPRAH– IKEA Bandung yang merupakan toko perlengkapan rumah tangga asal Swedia, resmi hadir di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (28/3/2019) ditandai dengan groundbreaking atau peletakan batu pertama.

Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk, Patrick Lindvall mengatakan, pembangunan toko IKEA Bandung ini akan border di atas lahan seluas 4,4 hektar, dengan rencana bangunan seluas 35 ribu meter persegi atau setara tiga kali luas dari Alun-Alun Kota Bandung.“Pembangunan toko IKEA di luar Jakarta ini menjadi yang pertama. Diharapkan pembangunan­nya dapat rampung dan dibuka pada akir 2020 mendatang,” ujar Patrick saat konferensi pers usai acara groundbreaking.

Patrick berharap, keberadaan toko IKEA bisa membe­rikan inspirasi dan solusi untuk menciptakan kehidu­pan sehari-hari, yang lebih baik bagi masyarakat.

“Kami menawarkan solusi perabot rumah tangga yang terjangkau bagi masyarakat Bandung,” katanya.

Menurutnya, hadirnya toko IKEA Bandung ini dapat memberikan kesempatan bagi 400 peluang kerja baru. Pihaknya pun dengan tangan terbuka siap menyambut anggota baru menjadi bagian dari keluarga IKEA.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang turut hadir pada acara groundbreaking tersebut, mengaku, proyek IKEA Bandung telah memperjuangkannya saat ia masih menjabat sebagai Wali Kota Bandung.

“Hadirnya IKEA ini dapat meningkatkan pertumbu­han perekonomian yang bagus. Sehingga saya sangat mendukung adanya IKEA di wilayah Bandung Raya,” ujar pria yang akrab disapa Emil itu.

Emil memaparkan, pada akhir 2017 ekonomi Jawa Barat ada di angka 5,1 persen, dan saat ini sudah mencapai 5,7 persen. “IKEA ini memberikan investasi sebesar Rp 1,4 triliun. Saya titip, nantinya pegawai di toko IKEA ini memaksimalkan warga asli Kabupaten Bandung Barat,” katanya.

Dirinya mengaku yakin, IKEA bukan hanya melaku­kan penjualan produk-produk melainkan dapat pula memberikan pelatihan dan membantu desa-desa yang tertinggal. Dan tentunya, Emil berharap, IKEA bisa memasarkan pula produk-produk lokal di Jawa Barat, yang terbuat dari bambu.

“Saya telah menjadi customer IKEA sejak 1997. Dipilihnya IKEA di sini, karena memang lokasinya strategis dan dekat dengan akses tol. Hanya berjarak sekitar 500 meter dari pintu tol Padala­rang,” pungkasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan