Hadapi Persib, Persebaya Cari Komposisi Terbaik di Lini Belakang

BANDUNG – Persebaya Surabaya menata lini belakangnya sebelum berjumpa dengan Persib Bandung, Kamis (7/3) sore. Pasalnya, Persebaya kehilangan banyak kekuatan di lini belakang akibat panggilan Tim Nasional (Timnas) Indonesia.

Ada empat bek Persebaya yang akan memperkuat Timnas. Mereka adalah Otavio Dutra, Ruben Sanadi, Rachmat Irianto, dan Hansamu Yama Pranata. Khusus untuk Yama, dia baru bergabung dengan Timnas pada pemusatan latihan di Bali.

“Kami kehilangan banyak pilar dan hampir semuanya di lini belakang. Itu yang menjadi masalah buat kami,” ujar pelatih Persebaya Djadjang Nurdjaman selepas sesi latihan Selasa (5/3) pagi.

Dari empat nama itu, hanya Yama yang mungkin bisa dimainkan melawan Persib. Sebab Yama yang baru saja melangsungkan pernikahan, harus absen pada pemusatan latihan di Australia karena agenda resepsi pernikahan.

“Itu agak menyulitkan untuk mengatur siapa penggantinya. Jujur stok kami tidak banyak. Ketika dipanggil empat bek, kami agak kesulitan,” imbuh pelatih yang akrab disapa Djanur ini.

Saat ini, stok bek tengah hanya menyisakan Yama, M Syaifuddin, dan Andri Muliadi. Sementara untuk menggantikan Ruben sebagai bek kiri, Persebaya bisa memaksimalkan Novan Setya Sasongko dan Alwi Slamat.

“Kami bisa mencoba pemain yang lain. Manajemen juga tidak memasang target tinggi karena ini pramusim,” aku Djanur.

Menurut Djanur, dirinya telah menyiapkan Damian Lizio sang ‘Penyihir dari Bolivia’ untuk membuat Persib kembali bertekuk lutut.

Damian Lizio tampil bagus pada babak kedua pertandingan melawan Perseru Serui, Sabtu (2/3) kemarin. Walaupun tidak mencetak gol, sentuhan magis Lizio membuat permainan Persebaya makin trengginas.

“Kemarin dia main di posisi winger karena hanya eksperimen. Karena dia bilang pernah main di situ. Untuk pertandingan melawan Persib, kemungkinan akan dimainkan seperti babak kedua,” tuturnya.

Di sisi lain, Persebaya belum pasti menurunkan Nelson Alom pada pertandingan melawan Persib. Namun, untuk Fandi Eko, kondisinya tampaknya cukup fit untuk berlaga. “Fandi Eko yang sudah berangsur pulih. Saya bisa pastikan dia bisa masuk line up,” sebut Djanur-sapaan akrabnya.

Persebaya juga belum pasti menurunkan kiper Miswar Saputra. Penjaga gawang asal Aceh ini melakukan blunder pada pertandingan melawan Perseru Serui. Persebaya masih memiliki dua kiper cadangan, yakni Abdul Rohim dan Imam Arief Fadillah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan