Habis Lebaran

BEGITULAH nasib kita, eh, nasib Pakistan. Begitu sulit mencari jalan keluar. Bebannya begitu besar. Jalan berliku sudah dilalui. Oleh pemimpin baru mereka: Imran Khan. Tapi belum juga memberi harapan.

Harga-harga terus naik. Rupiah, eh, Rupee terus melemah. Begitu juga hutangnya: terus membesar.

Oposisi kelihatannya sudah tidak sabar lagi. Untung ada Ramadan. “Tapi setelah lebaran kami akan bergerak,” ujar salah satu pimpinan partai di sana.

Imran Khan sudah dua kali ke Beijing. Dapat bantuan 6 miliar dolar. Sudah pula ke Saudi Arabia. Juga dua kali. Dapat bantuan 6 miliar dolar. Sudah ke Qatar. Dapat jaminan sumplay gas.

Masih juga berat. Pertumbuhan ekonomi belum ada tanda menggeliat. Defisit neraca perdagangannya masih besar. Kian besar.

Imran Khan sudah coba rombak kabinet. Menteri keuangannya sudah ia ber­hentikan: DR Asad Umar. Yang legendaris itu. Padahal belum punya pilihan pengganti. Su­dah hampir tiga bulan pos itu belum terisi. Ia hanya men­gangkat penasehat keuangan perdana menteri.

Pun akhirnya….. Imran sudah pula melakukan yang paling ia benci: menyerah ke IMF. Sampai jadi bahan ejekan. Di bully habis-habisan.

Hasil penyerahan ya pada IMF: tarif listrik harus naik. Hebohnya luar biasa. Hasilnya tidak seberapa. 75 persen pelanggan listrik di sana adalah yang di bawah 300kWh. Yang tarifnya sangat murah. Dan Imran melarang menaikkan­nya.

Ditambah kengerian yang satu ini: pencurian listrik di Pakistan masih di atas 20 persen. Dan yang nunggak pembayaran sulit diputus listriknya.

Di tengah kekalutan sep­erti itu tiba-tiba ada berkah.

Secercah titik terang pun datang. Titik terang itu mem­besar. Terang sekali. Imran Khan begitu gembira. Ia lihat titik terang itu bakal bisa mem­buat Pakistan sim salabim: bakal ditemukannya sumber minyak dan gas terbesar kedua di dunia. Lokasinya di Sumur Kekra 1.

Dengan mata berbinar Im­ran Khan mengumumkan titik terang itu. Berkali-kali. Kepada rakyatnya. Menim­bulkan optimisme yang be­gitu besar. Selesailah sudah segala kesulitan. Bereslah itu barang. Masuk akal Pakistan dikaruniai ladang migas yang besar. Kan letaknya tidak jauh-jauh amat dari Qatar. Atau Bahrain. Atau Kuwait. Persis bertetangga dengan raja min­yak lainnya: Iran.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan