H-7 Idul Fitri Jalan Sudah Baik

SOREANG – Dinas Peker­jaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Bandung menargetkan kon­disi jalan alternatif yang bia­sa digunakan jalur mudik dalam kondisi bagus pada H-7 Idul Fitri 2019 mendatang. Selain menargetkan kondisi jalan, kondisi Penerangan jalan Umum (PJU) juga akan dimaksimalkan.

Kepala DPUPR Agus Nuria mengatakan, bahwa pihaknya sudah mengintruksikan ke­pada unit pelaksana teknis agar melaksanakan perbaikan jalan. Khusus kondisi jalan alternatif yang kerap dijadikan jalur mudik pada idul fitri.

”kami sudah mengalokasi­kan anggaran untuk perbaikan jalan, secara umum memang prioritas. Tapi jelang arus mudik, jalur alternatif mudik dan jalur wisata diutamana,” kata Agus saat ditemui kantor PUTR di Soreang, Senin (13/5)

Menurutnya, ada sejumlah ruas jalan alternatif arus mu­dik dan wisata di wilayah Kabupaten Bandung masih terlihat rusak di sejumlah titik. Beberapa ruas yang bu­tuh perbaikan di antaranya adalah jalur Majalaya-Ran­caekek dan Raya Banjaran-Soreang.

”secara teknis sedang dilaku­kan perbaikan oleh UPT, se­moga H-7 lebaran kondisinya sudah bagus. Selain kondisi jalan, kami juga mempersiap­kan sarana penerangan jalan umum (PJU) di jalur jalur mu­dik agar terang,” akunya.

Menurut pantauan dibebe­rapa titik ruas jalan yang akan digunakan jalur alternatif ma­sih terdapat lubang, seperti di Jln. Raya Banjaran-Soreang, Rancaekek-Majalaya. Sejum­lah lubang juga mengganggu kenyamanan pengendara.

Kondisi tersebut cukup meng­khawatirkan mengingat jalur tersebut cukup padat. Selain merupakan penghubung be­berapa wilayah dan akses pengendara untuk menuju tol.

Terkait hal itu, Agus menje­laskan pihaknya tahun ini sudah menganggarkan untuk perbaikan ruas Majalaya-Rancaekek.

”Ruas itu perlu perbaikan karena sudah menyempit dan banyak dilalui kendaraan dengan tonase tinggi serta banyak struktur beton yang rusak,” akunya.

Sementara untuk jalur So­reang-Banjaran, Ia melansir pihaknnya masih melakukan inventarisasi. Jika sudah ram­pung, ruas tersebut juga akan segera diperbaiki karena me­mang merupakan salah satu akses jalur wisata dan jalur mudik lokal.

”Kami menargetkan perbai­kan jalan di jalur mudik dan jalur wisata, rampung pada H-7 Idulfitri 2019. Saat ini, Dinas PUTR sendiri tengah merampungkan proses inven­tarisasi ruas yang akan dip­erbaiki jelang lebaran,” jelas­nya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan