Gulirkan Program Pemberdayaan Desa dan Bantuan Bencana

BANDUNG– Rumah Zakat terus berinovasi dengan menggulirkan berbagai macam program, seperti tahun ini menyalurkan bantuan bagi pemberdayaan desa dan bantuan bagi bencana.

Bahkan, bantuan penyaluran Ramadan tidak hanya di dalam negeri tetapi hingga luar negeri seperti bantuan bencana. Chief Progran Officer, Murni Alit Baginda menyatakan, akhir-akhir ini sering terjadi bencana apalagi Indonesia adalah wilayah etalase bencana.

“Sejak bulan Mei kami sudah melakukan siaga bencana untuk menyalurkan bantuan ke wilayah yang terdampak di antaranya

penyaluran air bersih, sembako dan material bangunan,” katanya saat Press Conference di Rumah Zakat Jalan. Turangga Kota Bandung, kemarin (13/6).

Murni menyebutkan, sebanyak 347.768 donasi sudah disalurkan kepada penerima manfaat di 1.440 Desa Berdaya yang tersebar di seluruh Indonesia melalui berbagai program di antaranya program reguler pemberdayaan kepada 183.219 penerima manfaat.

Kemudian program Ramadan Berdaya di antaranya Berbagi Buka Puasa (BBP) sebanyak 135.645 paket, Kado Lebaran Yatim (KLY) 14.142 paket, Bingkisan Lebaran Keluarga (BLK) 5.441 paket, Syiar Quran (SQ) 7.317 paket, Janda Berdaya (JB) 1.885 paket, dan Ramadan Bebas Hutang (RBH) 119 orang. Untuk wilayah bencana Rumah Zakat juga menyalurkan paket Ramadan di antaranya 3.390 paket BBP, 429 paket KLY, 950 paket BLK, 105 paket JB, dan 345 paket SQ.

“Tidak hanya dalam negeri, Rumah Zakat juga telah menyalurkan bantuan untuk 18.935 orang warga di enam negara di antaranya Palestina, Myanmar, Bangladesh, Marawi, Suriah, dan Yaman,” tuturnya.

Sementara itu, Crisis Center Dept. Head, Andri Murdianto menambahkan, bantuan juga disalurkan dalam Rumah Zakat Action untuk Indonesia yang terdampak bencana alam.

“Sejak diresmikan pada awal tahun 2019 dari Januari hingga Mei, beragam Aksi Peduli Bencana Nasional di 50 titik bencana di seluruh Indonesia telah dilakukan oleh 1.090 relawan yang tersebar di seluruh Indonesia dan telah membantu sebanyak 61.596 penerima manfaat korban bencana” tutur Andri.

Bantuan telah disalurkan pada wilayah Indonesia yang terdampak banjir pada awal Juni di Desa Raja, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, dan di Samarinda. Rumah Zakat Action meluncurkan lima relawan untuk melakukan proses evakuasi dan menyalurkan berbagai bantuan untuk korban di Ngabang Kalimantan Barat. (mg1/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan