Gerindra Dapat 4.320.050 Suara

BANDUNG – Hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar untuk DPR RI telah mengesahkan bahwa Partai Gerindra, PDIP dan PKS berada di posisi 3 besar dalam perolehan suara.

Ketua KPU Jabar Rifqi Ali Mubarok mengatakan, proses penetapan suara untuk pertai sudah diselesaikan dengan baik. Bahkan, KPU Jabar sudah menyelesaikan proses rekapitulasi suara untuk seluruh jenis pilihan.

Menurutnya, pada rapat pleno terbuka, rekapitulasi suara telah berlangsung sejak Rabu (8/5). Rapat tersebut dihadiri oleh perwakilan saksi dari partai peserta Pemilu, Bawaslu Jabar dan pihak lainnya.

Pada Senin (13/5/2019) malam, KPU Jabar telah menyelesaikan seluruh proses penghitungan dan melakukan penetapan. Pro­ses rekapitulasi juga berjalan dengan aman dan lancar.

’’Perebutan kursi DPR di Provinsi Jawa Barat terbagi menjadi 91 kursi yang tersebar pada 11 daerah pemilihan,’’kata Rifki kepada wartawan di Kantor KPU kemarin. (14/5).

Menuurtnya, berdasarkan hasil rekapitulasi suara untuk Pileg DPR RI, Partai Gerindra berhasil menempati urutan pertama dengan perolehan suara 4.320.050, dengan pe­rolehan 18 kursi yang duduk di parlemen pusat. Raihan ini meningkat 100 persen diban­dingkan 9 kursi pada pemili­han umum tahun 2014 lalu.

Sementara itu, untuk PDI Perjuangan yang sebelumnya menempatkan 17 wakilnya di pusat, hanya mendapat 12 kursi pada pemilu 2019. Se­mentara Partai Golkar menda­patkan 13 kursi atau kehilangan satu kursi dari sebelumnya 14 kursi pada 2014.

Sementara PKS yang sebe­lumnya menempatkan 11 wakil rakyat di pusat, berha­sil menambah dua kursi lewat caleg-nya jadi 13 kursi. Partai dengan konstituen yang tidak jauh berbeda, PPP hanya mendapatkan 3 kursi atau berkurang empat kursi dari sebelumnya 7 kursi pada pe­milu 2014.

Posisi PAN sendiri tidak ba­nyak berubah di Jabar dengan raihan 7 kursi. Jumlahnya tetap bila dibandingkan dengan jumlah kursi di pe­milu sebelumnya.

Partai lain yang berhasil menambah jumlah wakilnya di DPR adalah Partai Demo­krat. Dari sebelumnya hanya menempatkan 8 wakilnya, pada pemilu 2019 ini partai ini mendapatkan 10 kursi.

Partai yang mulai meraih dukungan dari publik di wi­layah Jabar adalah Nasdem. Partai yang sebelumnya sama tidak menempatkan wakilnya dari Jabar, kali ini meraih 5 kursi. Sedangkan Partai Ha­nura hanya berhasil menem­patkan satu wakilnya di DPR-RI

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan