Gerakan Marcel Pukau James Hunt

AMERIKA– James Hunt men­jadi “pemeras” keringat skuad Honda DBL Indonesia All-Star 2018, kemarin (22/2). Menja­lani latihan pertama di Los Ang­eles, Amerika Serikat, para stu­dent athlete yang terpilih dari liga basket pelajar terbesar Honda DBL itu benar-benar di­buat banjir keringat. Melahap fundamental basket. Dari James Hunt, basketball skills trainer para bintang NBA.

Hunt mengobrak-abrik kemam­puan fundamental para pemain selama tiga jam penuh. Latihan berlangsung di Expo Center yang terletak gedung Los Angeles Swim­ming Stadium, kawasan Exposition Park, Los Angeles.

Terdapat delapan stations yang dipelajari para pemain. Yaitu foot­work, ball handling, shooting, defense, reading and reacting, team concepts, scoring, dan balanced movement patterns.

Footwork menjadi materi pri­madona dalam latihan pertama tim All-Star di negera asal olah­raga basket tersebut. “Gerakan bertahan membutuhkan usaha keras,” ungkap James saat memu­lai latihan. Dia ingin para pemain tidak memandang remeh setiap detail dalam gerakan bertahan yang akan mereka pelajari.

Di station pertama tersebut, posisi kaki pemain dipaksa untuk tetap rendah serta mengambil langkah panjang. Pandangan mata juga dipaksa untuk lurus ke depan, bukan ke bawah. Gerakan banyak dilakukan tanpa bola bas­ket. Betul-betul fokus pada gera­kan kaki, tangan, dan fokus pan­dangan pemain.

“Pertahankan posisi dan gerakan seperti ini. Kalian akan lebih mu­dah untuk kalian melakukan de­fense dan juga drive saat meny­erang,” jelas pelatih yang sudah banyak membina atlet profesional hingga menjadi bintang NBA itu.

Pada 15 menit pertama, James Hunt memiliki satu catatan pen­ting untuk diperhatikan baik-baik oleh seluruh pemain. Yakni teknik pick and roll yang masih belum sempurna.

“Ingat ini, hal terpenting dalam bermain basket adalah melakukan pick and roll! Itu adalah dasar yang harus dilakukan dengan benar,” ujar James kepada para pemain.

Menurut pengamatan James, para pemain masih suka melu­pakan kuncian putaran kaki saat melakukan pick and roll. Tum­puan kaki masih sering berpindah posisi. Hal sederhana itu sejatinya tidak boleh terjadi, mengingat keberhasilan gerakan selanjutnya sangat bergantung dari kesem­purnaan gerakan pick and roll.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan