Gelaran Terakhir NJP di 2019 Hibur Ribuan Warga Garut

GARUT – Gelaran terakhir, Coklat Kita Napak Jagat Pasundan (NJP) tahun 2019 berhasil menghibur warga Kabupaten Garut. Salah satu yang menjadi tontonan sepesial warga adalah kolaborasi seni buhun antara Topeng Wuwung Kawangi dengan seniman sunda Ega Robot.

Dalam gelaran yang berlangsung di Lapangan Makorem 062/Tarumanagara Garut, Jawa Barat, pada Sabtu (27/10) malam tersebut, kolaborasi keduanya berhasil memukau penonton. Terlebih tari Topeng Wuwung Kawangi yang mengangkat seni tradisi dari Majalengka ini hampir tak terdengar gaungnya.

Kemeriahan semakin terasa saat para pelaku seni budaya daerah tersebut tampil bersama talent andalan NJP, seperti Dodi Kiwari, Calung NJP, Ega Robot Ethnic Percussion, Jimbot and Friend, Sandrina, dan musisi sunda Doel Sumbang.

Para seniman itu mewakili lima kabupaten, yaitu Kabupaten Garut, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Majalengka, Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Pangandaran. Total terdapat delapan talent budaya terpilih dari 42 sanggar dan paguron.

Selain para penonton, gelaran NJP juga membuat para talent yang menghibur sangat berkesan. Terlebih dalam setiap acara, antusias penonton sangat luar biasa.

Seperti yang dirasakan Sandrina Indonesia Mencari Bakat (IMB), wanita yang tampil mengkolaborasi tarian jaipong ini meras, senang. Terlebih sejak ikut NJP banyak pengalam baru yang ia dapatkan.

”Selama ikut NJP, saya mendapat pengalaman banyak dengan kondisi penonton yang berbeda. Harapan saya, acara ini makin sukses dan menginspirasi generasi sekarang untuk memperkenalkan tarian tradisonal,” kata Sandrina.

Talent lainnya dari Majalengka, Aceng Hidayat mengatakan, dia bersyukur bisa mempertontonkan tari Topeng wuwung kawangi. Ajang ini sangat mengapresiasi, mengangkat seni tradisi untuk tampil bersama pegiat seni lainnya seperti Ega Robot dan Doel Sumbang.

Bagi dia, NJP adalahbentuk apresiasi terhadap seniman daerah. Dia bersyukur bisa lolos proses seleksi di daerah, dan mengangkat seni tradisi Majalengka.

Senada dengan pegiat seni daerah, Ega dari Ega Robot Percussion mengaku bersyukur bisa kolaborasi dengan seniman daerah. Sebab, dengan NJP ini dapat mengangkat harkat martabat pelaku seni daerah, sehingga nilai seni yang dilestarikannya jauh lebih dikenal mayarakat luas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan