Gelar Musrenbang untuk Prioritaskan Usulan Warga

NAGREG – Untuk menyerap aspirasi warga, Desa Nagreg Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung menggelar Musrenbang Rapat Kerja Pemerintah Desa-Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPD-RKPdes) 2019-2020 di Aula Desa, Senin (28/1).

Kepala Desa Nagreg Nanang Rahmat Hidayat menuturkan, acara ini merupakan forum perencana program yang dilaksanakan oleh pejabat pemerintahan desa bekerja sama dengan para tokoh masyarakat RT/RW serta pemangku kepentingan lainnya.

Menurutnya, melalui musrenbang  setiap keinginan warga desa harus diusulkan untuk direncanakan dalam pembangunan. Sehingga. nantinya akan ada kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa.

Selain itu, pihaknya juga akan memprioritaskan pembangunan yang sudah menjadi keinginan warga desa yang bersifat mendesak.

“Nah usulan itu akan menjadi skala prioritas untuk segera dilakukan pembangunannya,”jelas Nanang ketika ditemui.

Dia menuturkan, untuk usulan tidak harus dalam bentuk pembangunan infrastruktur saja, tetapi peningkatan dan pemberdayaan ekonomi dan sosial masyarakat boleh diajukan.

Selain itu, dari usulan tersebut pihaknya akan membahas bersama-sama dengan melakukan kajian lebih dalam untuk mencapai kata mufakat. Sehingga, jika usulan tersebut tidak terlaksana di tahun ini maka akan diusulkan kembali tahun depan.

Nanang menambahkan, berdasarkan keinginan mayoritas warga yang bermata pencaharian petani, pihaknya juga akan mengoptimalkan lahan-lahan pertanian yang ada di Desa Nagreg. Sebab, sampai saat ini lahan-lahan pertanian kondisinya sudah banyak beralih fungsi jadi komplek perumahan.

“Desa kami terkendala lahan, lahan di desa nagreg sudah tidak ada dan banyak yang dipakai perumahan, untuk itu manfaatkan lahan yang ada saja,” jelas Nanang. (mg5/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan