Gali Sumber Pendapatan dari 10 Destinasi Wisata

NGAMPRAH– Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna mengajak rombong­an Kepala SKPD untuk men­datangi sejumlah destinasi wisata baru yang akan di­kembangkan. Rencananya, ada 10 destinasi wisata baru yang siap berkontribusi pada pendapatan asli daerah (PAD).

Sejumlah destinasi wisata baru tersebut, di antaranya wisata Bukit Senyum, Lembang Dano, Sindang Geulis, di Ke­camatan Cikalongwetan, ke­mudian Objek Wisata Buangan Cirata, dan Junghil di Keca­matan Cipeundeuy.

POTENSI PENDAPATAN: Pemkab Bandung Barat berkomitmen untuk menggenjot PAD dari sektor pariwisata.

Gerakan untuk mengede­pankan sektor pariwisata sebagai ujung tombak peng­genjot PAD di tahun 2020 mendatang ini memiliki po­tensi besar dan diprediksi bakal lebih maju dan ber­kembang.

Untuk mewujudkan misi tersebut, Umbara mengatakan, Pemkab akan menghadirkan sedikitnya 10 destinasi wi­sata baru di KBB.

“InsyaAllah ada 10 desti­nasi wisata baru yang akan kami kembangkan untuk me­nambah PAD baru,” kata Um­bara disela kunjungan ke Wahana Wisata Alam Buran­grang Selatan, Cikalongwetan, baru-baru ini.

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna dan Wakil Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan (AKUR)
  Foto: Humas Setda Bandung Barat

Umbara optimistis dengan dibukanya 10 destinasi wi­sata baru PAD Kabupaten Bandung Barat ditargetkan bisa meraih Rp 70 miliar dari sektor wisata. “Minimal kita bisa mendapatan sumber pendapatan sekitar Rp 70 miliar di tahun pertama dan akan berkembang di tahun-tahun berikutnya. Tahun de­pan kita fokus untuk mem­perbaiki sarana-prasarana serta akses infrastruktur,” ungkapnya.

Menurut Umbara, 10 desti­nasi wisata baru ini dipastikan berada di luar Kecamatan Lembang yang selama ini menjadi penyumbang terbe­sar PAD untuk Kabupaten Bandung Barat dari sektor pariwisata.

Menurut dia, 7 destinasi wisata baru sudah disiapkan di dua kecamatan yakni Ke­camatan Cikalongwetan dan Kecamatan Cipeundeuy.

“Cikalongwetan dan Cipe­undeuy kemungkinan ada 7 objek wisata baru. Nanti kita buka juga di wilayah selatan seperti di Rongga, Gununghalu, Sindangkerta atau Cililin,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan