Fokus pada Masalah Transportasi Publik

BANDUNG– Duta Besar Ing­gris untuk Indonesia Moazzam Malik akan mengakhiri masa tugasnya di Indonesia. Sebe­lum berpindah, Moazzam menyempatkan diri untuk datang menemui Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, di Pendopo Kota Bandung, Jumat (12/4/2019).

Pria kelahiran London 51 tahun lalu itu memiliki per­hatian khusus pada Kota Bandung. Menurutnya, Kota Bandung memiliki peran yang sangat signifikan dalam pembangunan, tidak hanya di Jawa Batat tetapi juga di Indonesia.

”Kami memilih Kota Bandung karena punya peran yang sangat penting. Para pemim­pin di Kota Bandung berpi­kiran maju, siap memajukan masa depan kotanya, dan menjadi inspirasi bagi kota yang lain,” ungkapnya.

Pada pertemuan tersebut, Moazzam fokus ke masalah perkembangan transportasi publik. Isu tersebut merupa­kan salah satu masalah yang dialami hampir semua kota di dunia. Termasuk juga Lon­don, Jakarta, dan Kota Bandung. Ia berharap bisa membantu Bandung untuk mengatasi masalah tersebut sebelum semakin parah.

Ia memprediksi, dalam be­berapa waktu ke depan, se­makin banyak orang datang ke Kota Bandung. Hal itu karena pesatnya pembangu­nan di Kota Bandung. Tak dapat dipungkiri, mobilitas menjadi hal yang esensial. Namun tanpa perencanaan transportasi yang matang, ia khawatir akan menghambat pembangunan.

”Dengan kekayaan dan ke­majuan Kota Bandung, ke depan pasti jauh lebih ba­nyak mobil di dalam kota. Itu akan menjadi hambatan pembangunan dan akan men­jadi ketidaknyamanan bagi masyarakat,” tuturnya dalam bahasa Indonesia yang fasih.

Ia pun membawa program Future Cities yang menawar­kan cara untuk mengatasi isu transportasi umum. Ia mem­bawa pengetahuan dan pen­galaman yang diterapkan di London.

”Tentu kita pernah gagal di London. Tetapi kami belajar. Kami tahu bagaimana men­gatasi masalah transportasi di London. Kami membawa pengetahuan tersebut agar tidak terjadi di Kota Bandung. Agar Kota Bandung menjadi lebih baik,” katanya.

Atas atensi tersebut, Wali Kota Bandung, Oded M. Da­nial pun berterima kasih ke­pada Moazzam. Oded meni­lai, Moazzam telah berbuat baik dan bisa mempererat kerja sama Pemerintah Kota Bandung dengan Pemerintah Inggris. Hubungan keduanya semakin erat berkat kedatan­gan Moazzam di Indonesia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan