Emil Ingin Jokowi Perhatikan Jabar

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan selamat kepada Joko Widodo-Ma’ruf Amin yang resmi menjadi Presiden-Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024 pada Minggu (20/10).

“Kami mengucapkan selamat atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat kepada Bapak Jokowi dan Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Rresiden RI,” kata Emil –sapaan akrab Ridwan Kamil.

Menurutnya, dari hasil proses demokrasi yang sudah diputuskan dan disepakati. Jadi, mari kita dukung. Karena bagaimana pun lima tahun ke depan akan dipenuhi oleh tantangan.

Emil pun mengutarakan sejumlah harapannya kepada Jokowi-Ma’ruf Amin. Pertama, dia berharap pertumbuhan ekonomi Indonesia terjaga. Kemudian, kondisi sosial politik Tanah Air semakin kondusif dan tidak banyak gejolak.

“Harapan saya hanya satu, di periode pertama, ekonomi bergerak maju, saya merasakan, tetapi sosial politik banyak gejolak. Mudah-mudahan di periode kedua, ekonominya sama majunya, sama melompatnya, dan sosial politik kondusif lahir batin tidak banyak gejolak,” katanya.

Selain itu, dalam menyikapi perbedaan cara pandang  sebaiknya bias diselesaikan dengan cara komunikasi dan saling menghargai.

’’Itu harapannya. Semoga kita bisa menjadi bangsa yang besar. Menurut  prediksi kita akan menjadi negara adidaya pada 2045,” ucap Emil melanjutkan.

Emil meminta kepada Presiden-Wakil Presiden periode 2019-2024 untuk memperhatikan Jabar. Sebab, Tanah Pasundan menjadi daerah dengan jumlah populasi penduduk terbanyak di Indonesia.

’’Ada sekira 50 juta jiwa atau 20 persen dari populasi Indonesia,  saya kira agar presiden memprioritaskan provinsi yang penduduknya paling besar, jumlah penduduk Jabar itu 20 persennya Indonesia. Jadi, saya minta harapan teknisnya itu,” ucap Emil.

Emil menambahkan, untuk provinsi Jabar salah satu yang mendesak adalah keinginan untuk pemekaran wilayah. Kemudian, ada keadilan fiskal karena saat ini masih belum adil bantuan keuangannya. Sebab, jika dibandingkan dengan provinsi yang jumlah daerahnya lebih besar ketimbang berpenduduk banyak.

’’Mudah-mudahan harapan ini bisa dipenuhi di periode kedua,” kata Emil.

Terpisah, Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Provinsi Jabar Sidkon Djampi mengatakan,  pelantikan presiden yang baru saja dilakukan telah berjalan aman. Dan ini patut  disyukuri sebagai proses perjalanan berbangsa dan bernegara, yang demokratis, aman dan damai.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan