Elin Pilih Mundur dari Jabatan KONI

NGAMPRAH– Elin Suharliah memilih untuk  mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua Umum KONI Bandung Barat lantaran lebih memilih fokus dalam pencalonannya sebagai calon anggota DPRD Jawa Barat.

Dalam waktu dekat, KONI Kabupaten Bandung Barat akan menggelar Musyawarah Olahraga Kabupaten Luar Biasa (Musorkablub) untuk memilih ketua baru periode 2019-2023 mendatang.

Sekretaris 1 KONI KBB, Lili Supriatna membenarkan, jika istri eks Bupati Bandung Barat Abubakar itu telah mengajukan surat pengunduran diri pada bulan Oktober 2018. Sebelumnya dia sempat menjalani masa cuti selama enam bulan saat mencalonkan diri sebagai calon bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) KBB 2018.

Awalnya dia sempat mengajukan lagi cuti untuk kedua kalinya. Namun karena hal itu berbenturan dengan aturan KONI, maka pengajuan cuti Elin ditolak oleh KONI Jabar.

“Sehingga diperlukan menggelar Musorkablub. Saat ini tahapannya sudah memasuki pendaftaran bakal calon, yang dilaksanakan dari tanggal 2 sampai 6 Januari 2018,” ujar Lili di Padalarang, kemarin.

Menurut dia, salah satu syarat bakal calon ketua KONI harus mendapat dukungan 10% dari 52 cabang olahraga yang bernaung di bawah KONI KBB. Dirinya berharap Musorkablub yang khusus memilih ketua bisa diikuti banyak calon agar proses pemilihan berjalan dinamis. Hal ini sangat penting mengingat Ketua KONI KBB mendatang akan mengawal suksesnya Porda dimana KBB akan menjadi tuan rumah.

Disinggung apakah sudah ada yang mengambil formulir, Lili menyebutkan di hari pertama pendaftaran belum ada bakal calon yang mengambil formulir. Informasinya, mantan Ketua Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) KBB Rian Firmansyah yang juga anak dari Bupati KBB Aa Umbara Sutisna, yang akan mengambil formulir pendaftaran.

Tapi ketika calon hanya seorang, seperti pada saat Ibu Elin mencalonkan diri, maka bisa aklamasi. “Untuk sementara nama yang santer disebut-sebut akan mendaftar baru Rian. Biasanya setelah ada bakal calon yang mengambil formulir, diikuti kandidat lain,” ujar dia.

Pada kesempatan itu, Lili juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna yang telah memenuhi janji memberikan bonus kepada atlet KBB yang memperkuat Indonesia pada Asian Games Jakarta-Palembang 2018 lalu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan