Elektabilitas Perindo Susul PAN dan PPP

BANDUNG – Partai Persatuan Indonesia (Perindo) semakin berpeluang berpeluang lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold (PT).

Partai pimpinan Hary Tanoesoedibjo ini bahkan telah menyalip sejumlah partai lama dan masuk enam besar parpol peserta Pemilu 2019.

Berdasarkan survei nasional terbaru LSI Denny JA, Perindo menjadi satu-satunya partai politik baru yang berpeluang melenggang ke Senayan.

Elektabilitas Perindo melampaui PAN, PPP, Nasdem dan Hanura yang telah menjadi kontestan Pemilu 2014.

Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar mengatakan dalam survei pada Maret 2019 itu, elektabilitas Perindo sebesar 3,9 persen dan satu-satunya partai baru yang paling potensial menembus PT 4 persen.

Angka ini sama dengan PKS. Perindo menyalip PAN 3,1 persen, PPP 2,9 persen, dan Nasdem 2,5 persen. Selain elektabilitas yang sudah sangat tipis dengan batas PT, survei juga memiliki margin of error yang bisa mendongkrak elektabilitas Perindo.

“Jika margin of error dinaikkan ke atas atau dibulatkan ke atas, maka Perindo memiliki peluang lolos PT. Berbeda dengan tiga partai baru lainnya masih cukup berat untuk lolos PT seandainya margin of error nya dinaikkan,” kata Rully di Kantor LSI Denny JA, Jakarta, Jumat (5/4).

Sebelumnya survei Jaringan Suara Indonesia (JSI) menyebut elektabilitas Perindo mencapai 4,7 persen. Perindo juga menjadi partai baru paling berpeluang lolos parlemen.

Semakin kokohnya elektabilitas Perindo juga kian didorong dengan aneka kegiatan di masa kampanye sekarang ini. Paling utama adalah gelaran bazar beras murah dan fogging menangkal demam berdarah dengue di daerah-daerah.

Ketum Perindo Hary Tanoe bahkan berkeliling dan turun langsung melayani warga yang membanjiri bazar. Seperti Bazar Murah Perindo di Kutawaringin, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, akhir pekan lalu.

“Bazar dan fogging untuk membantu masyarakat karena visi kita adalah mewujudkan Indonesia sejahtera. Makanya ada Partai Perindo yang berjuang khusus untuk kesejahteraan masyarakat,” ungkap HT di lokasi bazar.

Didampingi pengurus DPP, DPW dan DPD, HT juga memperkenalkan para caleg DPR RI dari Perindo yang dipastikannya memiliki komitmen memperjuangkan dan membuat kebijakan pro rakyat.

“Kalau sudah menang dan punya anggota dewan di DPR RI, di Provinsi Jawa Barat, di Kota Bandung, di Kota Cimahi, di Kabupaten Bandung, Partai Perindo pasti bisa berjuang lebih maksimal untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Hary.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan