Dubes Swedia Minati Kerja Sama

BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung pererat kerja sama dengan Swedia di bidang sumber daya manusia (SDM), transportasi, publik desain dan lingkungan.

Hal itu dipertegas dengan pertemuan Wali Kota Bandung, Oded M. Danial dan Duta Besar Swedia untuk Indonesia, Marina Berg di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Senin (30/9).

Oded menyambut baik atas kedatangan dubes sekaligus para delegasi yang ikut berkontribusi dalam membantu roda pertumbuhan pembangunan di Kota Bandung.

“Mereka membawa pengusaha yang menawarkan untuk meningkatkan hubungan dengan Kota Bandung. Baik dengan G to G (Government to government) atau B to B (business to business),” katanya.

Ia melihat, kedatangan perwakilan Swedia ke Kota Bandung sebagai bentuk keseriusan untuk menguatkan kerja sama.

“Mudah – mudahan kita sebagai pemerintah bisa bersinergi dengan para pengusaha sehingga bisa dimanfaatkan,” kata Oded.

Sementara itu, Dubes Swedia, Marina Berg menyampaikan, kedatangan ke Kota Bandung untuk mengeksplorasi bisnis.

“Tidak hanya pada kerja sama antara pemerintah, tapi sektor swasta pun ikut andil untuk menyukseskan,” katanya.

Marina mengungkapkan, terdapat empat nilai utama dalam kedatangannya ke Kota Bandung, yakni kemitraan terpercaya, solusi visi jangka panjang, kesempatan memberikan finansial kredit eksportir serta lingkungan hidup berkelanjutan dan lingkungan sosial berkelanjutan.

“Kami memberikan kesempatan para perusahaan memperkenalkan berbagai konsep untuk membawa kerja sama ini ke langkah selanjutnya,” ajak Marina.

Dalam pertemuan tersebut, beberapa perusahaan menyampaikan konsep tentang bidang lingkungan, SDM maupun transportasi. Beberapa perwakilan perusahaan asal Swedia (Business Sweden) seperti, ABB, Scania, Ericsson, Volvo, H&M, SKF, Bombardier dan White Architecs.

Di antaranya, fokus kepada Publik Desain seperti di perkotaan yang berkelanjutan. Lalu, efisiensi transportasi baik untuk publik, perkantoran dan sekolah.

Ada juga dalam perusahaan garmen dan tekstil, mereka fokus kepada lingkungan, yang apik dalam pengelolaan limbah.

Sementara itu, kehadiran Duta Besar (Dubes) Swedia untuk Indonesia Marina Berg bertemu dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Berikutnya, Emil –sapaan akrab Ridwan Kamil mengatakan bahwa perlu ada kerja sama konkret dari hasil kunjungan delegasi Jabar ke Swedia juga delegasi Swedia ke Jabar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan