Dubes Palestina Sanjung Kota Bandung

BANDUNG– Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al Shun mengucapkan terima kasih atas pen­ghargaan dan dukungan penuh Pe­merintah Kota (Pemkot) Bandung terhadap kemerdekaan rakyat Pa­lestina melalui gelaran Asia Africa Festival (AAF) 2019 yang digelar di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Sa­btu (29/6).

“Saya sangat mengapresiasi bagai­mana orang-orang Bandung berbi­cara tentang Palestina dan solidari­tas kepada rakyat Palestina melalui kegiatan ini,” ungkapnya usai me­nyaksikan karnaval AAF 2019.

Pada perhelatan AAF tahun ini, Pemkot Bandung me­mang memberikan perhatian khu­sus kepada Palestina. Hal itu sebagai wujud dukungan atas komitmen besar dari pendiri bangsa sekaligus penggagas Konferensi Asia Afrika, Ir. Soekarno, yang terus mendorong kemerdekaan Palestina.

Tahun 2018 lalu, Kota Bandung menempatkan pe­nanda khusus, yakni Pales­tine Walk, yang diresmikan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno LP Marsu­di bersama Menlu Palestina Riad Malki, dan Wali Kota Bandung Oded M Danial. Palestine Walk terletak di sisi Alun-alun Timur Kota Bandung, berbatasan langsung dengan Jalan Asia Afrika dan tak jauh dari Gedung Mer­deka.

Pada gelaran AAF ini, dele­gasi dari 19 negara berjalan bersama di Palestine Walk sebagai bentuk ‘solidarity walk’ untuk meneguhkan dukungan bangsa Asia dan Afrika dalam memperjuangkan kemerde­kaan Palestina. Mereka juga melakukan ‘historical walk’ di Jalan Asia Afrika guna mem­peringati perjalanan Konfe­rensi Asia Afrika pada tahun 1955.

“Sangat luar biasa. Kegiatan ini sangat menunjukkan bahwa Bandung memang kota yang sangat bersejarah. Bandung juga telah memberi kekuatan yang besar kepada rakyat Pa­lestina. Tahun lalu, dua men­teri luar negeri meresmikan Palestine Walk, yaitu Men­teri Luar Negeri Indonesia dan Palestina,” bebernya.

Secara umum, ia juga ber­terima kasih kepada bangsa Indonesia yang terus mendu­kung Palestina. Ia merasakan betapa seluruh daerah mem­berikan dukungan yang po­sitif

“Indonesia sangat luar bia­sa. Di manapun, di Jakarta, Bandung, Malang, saya sela­lu melihat solidaritas, orang-orang yang baik dari Indone­sia yang mendukung Pales­tina,” imbuhnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan