Domba Tangkas Mampu Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

SOREANG – Pemerintah Kabupaten Bandung akan meningkatkan pemberdayaan peternakan domba garut, selain meningkatkan peternakannya juga akan menonjolkan seni ketangkasan domba melalui kesenian. Hal itu bisa mendorong perekonomian masyarakat secara berlipat disbanding ternak untuk komsumsi.

Kepala Bidang Peternakan Hera Hendrawan mengatakan ada beberapa wilayah Kabupaten Bandung yang unggul dalam seni ketangkasan domba, diantaranya wilayah kecamatan Ibun, Pacet dan Kecamatan Majalaya. Bebarengan dengan banyaknya peminat, penyebaran ketangkasan domba semakin berkembang. Sehingga, hampir disetiap wilayah bisa ditemui para pemilik domba tangkas.

”Dari segi ekonomi, domba yang dijual melalui seni akan lebih tinggi. Bahkan sampai ratusan juta harga jualnya, beda hal dengan domba potong yang memiliki pasaran harga konsumsi. Kabupaten Bandung, memiliki potensi besar untuk mengembangkan peternakan domba tangkas,” katanya Hera saat ditemui di ruang kerjanya di Soreang, Kamis (11/7)

Menurutnya, Seni ketangkasan domba berbeda dengan adu domba yang mengkonteskan domba hingga mati. Ketangkasan akan mengaju berdasarkan kelas dan bobot domba. Untuk kelas A dengan bobot diatas 70 kilo, akan diuji ketangkasan sampai 30 pukulan. Sedangkan kelas B, bobot dibawah 70 akan diuji dengan 25 pukulan dan lebih bawah bobotnya akan lebih sedikit uji ketangkasannya.

”Meskipun terkenal dengan domba Garut, tetapi Kabupaten Bandung unggul bahkan sempat menjadi juara piala presiden dan provinsi. Ini menjadi potensi yang sangat besar untuk dikembangkan terutama dalam peningkatan kesejahteraan dan pengembangan potensi pariwisata juga,” katanya.

Hera menjelaskan, karena banyaknya pecinta seni ketangkasan domba di Kabupaten Bandung. Pihaknya akan berkolaborasi dengan Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) untuk mengembangkan domba tangkas di semua wilayah di Kabupaten Bandung. Sebab, hal itu diyakini bisa mendorong perekonomian masyarakat.

“Kami mengimbau semua pemilik domba tangkas di Kabupaten Bandung untuk tidak menjual domba yang memiliki keunggulan, jangan sampai potensi kita dibeli oleh daerah lain. Tapi Domba tangkas bisa dimanfaatkan untuk diternak sehingga melahirkan generasinya, sehingga akan lahir domba tangkas lainnya,” akunya.

Hera menambahakan, dengan rutin mengadakan kontes ketangkasan baik tingkat kecamatan maupun Kabupaten. Akan mendorong semangat peternak untuk mengembangkan domba tangkas di Kabupaten Bandung.

Tinggalkan Balasan