DLH Rencanakan Sampah Ditukar Tiket Sakoci

CIMAHI – Berbagai upaya dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi dalam rangka menanggulangi permasalahan sampah yang selama ini masih terlalu sulit untuk bisa benar-benar teratasi.

Setelah terus melakukan sosialisasi agar masyarakat mau memilah sampah sejak dari rumah, bahkan seba­nyak 40 RW dari Kelurahaan Padasuka, Kelurahan Baros dan Kelurahan Cigugur Tengah menjadi wilayah percontohan program pilah sampah dari rumah.

Dan kali ini DLH kembali mewacanakan pembayaran tiket bus wisata Saba Kota Cimahi (Sakoci) mengguna­kan sampah anorganik.

Kepala DLH Kota Cimahi, Muhamad Ronny mengung­kapkan, inovasi pembayaran tiket Sakoci menggunakan sampah akan melibatkan be­berapa instansi terkait se­perti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga, Dinas Perhu­bungan dan Organda Kota Cimahi.

”Waktu itu ada evaluasi dari beberapa dinas seputar program masing-masing. Ada juga pebahasan seputar tarif sakoci dan penguraian sam­pah, hingga munculah ide bersama menukar sampah anorganik dengan tiket Sak­oci,” ungkap Ronny, saat di­temui di Komplek Perkanto­ran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusuma, belum lama ini.

Menurutnya, saat ini wa­cana tersebut masih dalam pembahasan di internal. Namun demikian pihaknya sudah mempersiapkan dengan Bank Samici. Sebab, rencanya penukaran sam­pah anorganik dengan tiket Sakoci dilakukan di bank sampah induk tersebut.

”Inovasi ini sangat mem­bantu terhadap penguraian sampah di Kota Cimahi. Ini konsepnya lebih ke wisata plus pengurangan sampah,” ujar­nya.

Dengan adanya inovasi ini, Ronny berharap, masyrakat dan kaum milenial bisa se­makin termotivasi untuk menabung sampah di unit Bank Samici.

”Sejauh ini belum ada aturan detail mengenai mekanisme konversi sampah anorganik menjadi tiket Sakoci. Tapi dari hasil pembahasan semen­tara ini, hampir dipastikan semua unit Bank Samici di Kota Cimahi akan dibuka ta­bungan sampah untuk dikon­verasi jadi tiket sampah,” tandasnya.

Sementara itu, Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Cimahi menyambut baik rencana Pemerintah Kota Cimahi perihal sistem pem­bayaran tiket bus wisata Saba Kota Cimahi (Sakoci) dengan sampah anorganik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan