DLH Cimahi Tebang Belasan Pohon Sakit

CIMAHI – Sebuah pohon besar di Jalan Jenderal Sudirman terpaksa ditebang petugas Konservasi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi pada Kamis (14/11). Kondisi pohon jenis mahoni itu dikhawatirkan bakal mengancam keselamatan jika tak segera ditebang.

Pohon yang berada di atas trotoar itu sudah tidak dapat pertahankan, dari mulai akar sampai pucuk tajuk semua dalam kondisi kering. Tanaman sudah tidak bertaju, akar sudah tidak bisa menopang pohon hingga terserang penggerek (hama).

Petugas Konservasi DLH Kota Cimahi, Solehudin, mengatakan penebangan pohon tersebut berdasarkan perintah dari koordinator Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi untuk meminimalisir resiko rawan tumbang. Terlebih lagi, pohon tersebut berada dikawasan padat kendaraan.

”Kondisi pohonnya sudah tua dan ada penyakitnya. Tandanya itu ada serbuk putih di batang pohonnya, terus meranggas daun-daunnya. Jadi lebih baik ditebang daripada tumbang,” jelas Solehudin saat ditemui disela-sela penebangan.

Pohon yang ditebang memiliki diameter 1 meter dengan ketinggian 22 meter. Sebelum melakukan penebangan, pihaknya lebih dahulu berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi untuk menetralisir arus lalu lintas di sekitar lokasi penebangan.

”Karena posisinya ini di pinggir jalan raya dan ada kabel PLN yang melintang. Kalau sembarangan memotong, bahaya buat petugas. Belum lagi banyak anak sekolah di sekitar sini,” katanya.

Teknik penebangan, terang Solehudin, tim konservasi lebih dahulu memangkas ranting yang menjorok ke jalan. Lalu menebang batang pohon dengan gergaji mesin (senso), kemudian ditopang oleh crane untuk menjangkau bagian tertinggi pohon tersebut.

”Petugas memotong dari mobile crane. Lalu ke bagian tangah batang pohon, baru bagian bawah. Jadi semua batang pohon diamankan dengan tali tambang,” katanya.

Memasuki musim hujan, pihaknya siaga 24 jam untuk menindaklanjuti apabila ada laporan pohon tumbang atau permintaan topping dan penebangan pohon.

”Petugas konservasi standby 24 jam, menunggu laporan. Kalau ada pohon tumbang, apalagi saat musim hujan kami langsung meluncur. Alhamdulillah terbantu sama Damkar dan BPBD juga,” tandasnya.

Terpisah, Kepala DLH Kota Cimahi, Mochammad Ronny menambahkan, pohon di Jalan Jenderal Sudirman tersebut merupakan bagian dari deretan pohon yang harus ditebang. Total, ada 12 pohon yang harus ditebang berdasarkan hasil indentifikasi pihak ketiga.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan