Ditata Untuk Kenyamanan dan Daya Tarik Pengunjung

RANCABALI – Untuk mem­berikan kenyamanan agar men­jadi daya tarik pengunjung saat libur Idul Fitri 2019 mendatang, Objek wisata pemandian air panas Ciwalini melakukan pena­taan puluhan kios para pedagang yang selama ini berdagang di­sekitar area kolam.

Kepala Agro Wisata Walini, Ade Yuyun Rahayu, mengata­kan, penataan dilakukan ya­kni dengan memindahkan semua kios pedagang yang selama ini berjualan disekita­ran kolam pemandian. Tujuan­nya untuk menigkatkan ke­nyamanan dan keindahan objek wisata milik Puskopkar PTPN VIII tersebut. Apalagi, sekitar tiga pekan mendatang, akan memasuki musim libur lebaran. Dimana objek wisata ini masih menjadi salah satu tujuan utama wisatawan yang datang ke Bandung Selatan.

”Jadi semua kios yang ada di dalam dipindahkan ke lahan parkir luar. Semua kios kami bangun seragam supaya rapih, bersih dan tertata dengan baik. Penataan ini sengaja kami laku­kan sekarang mumpung sedang libur puasa dan ditargetkan se­lesai pada 28 Mei. Sehingga saat tiba musim libur lebaran, pen­gunjung bisa merasakan suas­ana berbeda di tempat ini,” jelas Ade saat ditemui dilokasi wisata di Rancabali, Senin (13/5).

menurutnya, penataan dila­kukan dengan mendirikan se­banyak 88 kios di luar area kolam pemandian. Kios kios tersebut, diperuntukan bagi para pedagang yang selama ini berjualan di kawasan objek wisata Ciwalini. Nantinya, para pedagang yang menempati kios tersebut punya kewajiban membayar retribusi Rp 5000 per hari.

”Jadi kios yang baru dipindah dari dalam itu 88 unit. Kemudian yang sudah ada sejak awal di luar kolam sekitar 54 kios. Nanti semuanya di dalam kolam eng­gak ada lagi yang dagang, jadi lebih bersih indah dan mengurangi sampah di area kolam,”akunya.

Ade menjelaskan, selain pena­taan keberadaan para pedagang, untuk memanjakan para peng­unjung, pihak pengelola juga akan menambah wahan permainan. Diantaranya adalah wahana of­road mobil ATV dan Boogie. Perluasan lahan parkir juga dila­kukan agar dapat menampung kendaraan lebih banyak.

”Di dalam kolam juga kami melakukan berbagai perbai­kan. Sehingga saat musim libur tiba, pengunjung jadi lebih nyaman,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan