Disparpora Gelar Seleksi Paskibraka

KALIJATI-Seleksi Paskibra tingkat kecamatan yang terdiri dari 6 Kecamatan yaitu Kecamatan Kalijati, Kecamatan Cipeundeuy, Kecamatan Cikaum, Kecamatan Pabuaran, Kecamatan Purwadadi, dan Kecamatan Dawuan, digelar di Aula Kecamatan Kalijati.

Ribuan siswa-siswi dari sekolah-sekolah tingkat SMA/SMK dari enam kecamatan tersebut, masing-masing mengirimkan 10 siswa serta 10 siswi utusannya untuk diseleksi menuju tingkat selanjutnya, yang akan diselenggarakan rencananya pada bulan Maret.

Hal tersebut dikemukakan langsung oleh Kasie Kepemimpinan, Kepeloporan, Kejuangan (K3P) Disparpora Kabupaten Subang Lita Apelitiani.

“Ini untuk Paskibraka Kabupaten dan Seleksi untuk Jawa Barat, untuk sementara perwilayah, sekarang ini untuk wilayah Subang Zona Barat, besok kita lanjut ke Zona Utara.” Jelasnya pada Pasundan Ekspres Grup Jabar Ekspres, kemarin (19/2).

Dia menambahkan bahwa yang terbaik dari setiap wilayah akan dipilih untuk kemudian kembali diseleksi di tingkat Kabupaten berapapun jumlahnya, tidak berbatas.

“Berapapun jumlahnya kami akan ambil jika memang bagus, jadi tidak berbatas harus berjumlah sekian dari setiap zona, pokoknya yang bagus, sesuai kriteria langsung dipilih. Begitu,” tambahnya.

Sementara para peserta yang mengikuti seleksi diwakili Heri menyampaikan, rasa bersyukurnya bisa mewakili sekolah untuk mengikuti seleksi Paskibraka di tingkat Kecamatan, dia berharap bahwa keikutsertaannya bisa menjadi pengalaman yang berharga.

“Saya tidak berharap banyak bisa lolos, sudah dipercaya sebagai wakil sekolah saja, saya sudah bersyukur, kalau lolos apalagi tentu saja akan menjadi kebanggaan baik bagi saya pribadi atau orang tua juga sekolah,” ujar siswa kelas 2 SMAN 1 Purwadadi itu.

Ekstrakulikuler Paskibraka memang dikenal sejak lama, menjadi awal sukses dari sejumlah siswa-siswi. Dari paskibra itu, akan jadi penilaian khusus bagi siswa saat masuk ke dunia kerja.

Selain bisa membanggakan orang tua, juga dikenal efektif sebagai media untuk meningkatkan kedisiplinan, bersosialisasi, serta melatih jiwa kepemimpinan dan kekuatan fisik.(idr/dan)

Tinggalkan Balasan