Dishub Wajibkan Pemudik Gratis Daftar Ulang

CIMAHI – Untuk memasti­kan jumlah peserta mudik gratis yang akan berangkat, Dinas Perhunungan Kota Ci­mahi, mewajibkan peserta yang sudah terdaftar agar segera mendaftar ulang pada jadwal yang sudah ditentukan yakni dari 16 hingga 25 Mei 2019.

Kepala Seksi Angkutan pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi, Ranto Sitanggang mengungkapkan, untuk mu­dik gratis kali ini, pihaknya menyediakan sebanyak 15 unit bus yang melayani jalur selatan arah Solo via Yogya­karta dan jalur Utara arah Semarang.

”Kami menyediakan kuota sebanyak 750 orang untuk progran tersebut. Namun, akhirnya kuota ditambah hingga total pendaftar 848 orang,” ungkap Ranto di Kom­plek Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Har­djakusuma, Kamis (16/5).

Menurutnya, daftar ulang peserta mudik gratis dilakukan untuk memastikan jumlah peserta mudik dan kursi yang tersedia. Sehingga akan di­ketahui semua pendaftar yang ikut program mudik gratis apakah tetap ikut atau ada yang membatalkan.

”Saat pendaftaran sudah ludes hanya dalam waktu tiga hari, padahal sudah kita tambah kuota. Tidak tahu juga kenapa antusias saat hari pertama langsung mem­bludak. Mereka yang daftar sejak awal sudah masuk ku­ota,” jelasnya.

Ranto mengaku, pihaknya sudah menyusun peserta mudik gratis berdasarkan tujuan, nomor kursi, dan no­mor bus. Tidak hanya itu, pihaknya juga mengaku sudah mengoptimalkan peserta dengan jumlah kursi di bus.

”Tiap bus nanti menampung 59 orang. Mereka yang daftar ulang nanti langsung dapat kepastian nomor bus dan nomor kursi sesuai jumlah yang didaftarkan per-KK,” imbuhnya.

Jika terdapat peserta mudik batal ikut, lanjutnya, maka pihaknya membuka kesem­patan bagi warga lain yang belum terakomodir atau yang sudah ada daftar tunggu mu­dik gratis.

”Kita melihat dari daftar ulang kalau ada yang batal ikut mereka bisa masuk,” ung­kapnya.

Menurut dia, larisnya kuota mudik gratis karena bisa me­ringankan beban masyarakat. Sebab, jika harus naik bus umum banyak masyarakat mengeluh harga tiket mahal.

”Dengan adanya mudik gra­tis betul-betul sangat mem­bantu masyarakat. Tentunya harapan mereka tiba dengan selamat,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan