Disdik Minta Sekolah Aktif Lapor Jika Ada Kendala Dalam UNBK

BANDUNG – Pelaksanaan hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tahun 2019 di Provinsi Jawa Barat berlangsung lancar. Pemantauan UNBK ini disaksikan langsung oleh Kepala Dinas Provinsi Jawa Barat melalui Video Conference (Vicon) yang digelar di Balai Tikomdik, Dinas Pendidikan Jawa Barat, Jalan Radjiman Kota Bandung, Senin (25/3).

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dewi Sartika mengimbau kepada setiap sekolah untuk tetap aktif melaporkan apabila terdapat kendala dalam pelaksanaan UNBK SMK 2019. Selain itu, keamanan mengenai sarana dan prasarana seperti komputer serta fasilitas lainnya harus dijaga dengan baik.

”Terlebih saat di malam hari, penjagaan ketat sarana dan prasarana harus dilakukan. Kemudian, sekolah juga wajib memantau akses jaringan internet sebelum ujian dimulai untuk memastikan UNBK berjalan lancar,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kadisdik Jabar mengatakan untuk mengondisikan para siswa agar tetap fokus selama ujian. Selain itu, sekolah juga diusahakan untuk membacakan peraturan saat ujian, jauh sebelum ujian dimulai.

”Saran saya, anak-anak harus diberikan stimulus bahagia agar mereka bisa mengerjakan ujian dengan lancar tanpa beban,” katanya.

Berdasarkan, hasil pemantauan UNBK 2019 di seluruh Jawa Barat berjalan lancar hanya terdapat beberapa kendala yang masih bisa diatasi dengan baik oleh setiap sekolah. Penanganan yang segera dilakukan oleh pihak sekolah agar tidak memberikan kerugian bagi siswa.(dsdkjbr/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan