Dinkes Antisipasi Musim Penghujan

SOREANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mengimbau Masyarakat untuk mewaspadai sejumlah penyakit yang kerap muncul di musim penghujan. Pasalnya, selama ini Dinkes sering menerima keluhan dari masyarakat terkait penyakit di musim penghujan. Terutama penyakit gatal-gatal.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, Grace Mediana mengatakan, sejumlah penyakit yang kerap muncul di musim penghujan tersebut seperti pilek, batuk, sakit perut, gatal-gatal, pusing, hingga gangguan pernafasan.

”Terlebih, sejumlah daerah di Kabupaten Bandung rawan banjir. Biasanya banyak penyakit yang dikeluhkan warga. Termasuk gatal-gatal,” katanya saat ditemui di Soreang, Kamis (13/12).

Untuk mengantisipasi terkena sejumlah penyakit tersebut, kata dia, warga masyarakat Kabupaten Bandung diimbau untuk melindungi diri dengan menjaga kebersihan dan pola makan yang baik.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk beristirahat yang cukup. Terlebih, masyarakat juga diminta untuk menggunakan jaket jika bepergian. Sebab, cuaca dingin yang ditimbulkan dari musim penghujan juga berpengaruh menurunkan kekebalan imun.

”Istirahat yang cukup dan jaga pola makan. Makan makananan yang bergizi dan seimbang itu perlu. Apalagi di musim penghujan seperti ini. Dan tetap harus menjaga kebersihan,”jelasnya.

Selain itu, penyakit demam berdarah (DBD) juga patut diwaspadai di musim penghujan. Kata Grace, masyarakat diminta untuk membersihkan genangan-genangan air yang disinyalir dijadikan sebagai tempat berkembang biaknya nyamuk penyebab DBD.

”Sebelumnya juga kami sudah antisipasi dengan turun ke jalan bersama-sama membersihkan gorong-gorong dan selokan. Kami juga sudah sosialisasikan waspada DBD ke masyarakat,” pungkasnya. (rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan