Desakan KLB Tunggu Keputusan FIFA

JAKARTA – Komite Ekse­kutif PSSI sudah bersepakat untuk menggelar kongres luar biasa (KLB). Keputusan itu diambil setelah Komite Eksekutif PSSI menggelar rapat di Jakarta, Selasa (19/2).

Anggota Komite Eksekutif PSSI Very Mulyadi menga­takan, pihaknya akan me­minta arahan kepada FIFA lalu menyusun agenda KLB.

“Setelah ditetapkan waktunya, PSSI memberitahukan ke ang­gota empat minggu sebelum KLB. Kira-kira tiga bulan lagi baru KLB,” ujar Very.

Keputusan Komite Ekse­kutif PSSI menggelar KLB pun mendapat apresiasi dari Ketua Komite Perubahan Sepak Bola Nasional (KPSN) Suhendra Hadikuntono.

“Memang PSSI tak punya pilihan lain kecuali meng­gelar KLB,” kata Suhendra

Menurut Suhendra, PSSI memiliki local wisdom (kea­rifan lokal) tersendiri yang merupakan bagian dari for­ce majeure (kondisi darurat).

Dia menyebut kondisi darurat itu ialah situasi men­jelang Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019 yang akan digelar pada 17 April men­datang. Dengan demikian, kata Suhendra, tidak harus mengacu kepada meka­nisme Statuta FIFA

“Organisasi apa pun di muka bumi ini pasti men­ghormati pemilihan presiden di suatu negara. Karena itu, KLB harus digelar sesegera mungkin agar tidak ada jeda kepengurusan di PSSI,” tutur Suhendra.

Suhendra menegaskan, jika KLB semakin cepat di­gelar, situasi akan kian baik sehingga tidak akan meng­ganggu pelaksanaan Pe­milu 2019.

“Serahkan ke ahlinya. Un­tuk pemilu serahkan ke KPU (Komisi Pemilihan Umum, red), untuk KLB serahkan ke PSSI. Kami yakin masing-masing pihak akan bertindak profesional sehingga KLB PSSI yang diselenggarakan sebelum pemilu pun tak akan mengganggu agenda politik nasional lima tahu­nan,” tambah Suhendra.

Pendiri Hadiekuntono’s Institute itu menambahkan, dari aspek pengamanan, profesionalitas Polri dan TNI tak perlu diragukan lagi.

“Yang terpenting suara itu berasal dari bawah sehing­ga benar-benar murni, tak ada kepentingan apa pun kecuali memperbaiki PSSI,” imbuh pria yang mendapat dukungan dari voter untuk maju sebagai ketum PSSI itu. (jppn/drx)

Tinggalkan Balasan