Derby London di Liga Europa

JAKARTA – Arsenal dan Chelsea punya kans men­ciptakan sejarah baru di Liga Europa. Dua tim dari Kota London itu berpotensi meng­gelar derbi di final musim ini, se­telah kedua­nya me­raih hasil positif dalam leg pertama semifinal Jumat (3/5) dini hari WIB.

Duel sesama tim Inggris di final Liga Europa pernah ter­cipta pada edisi perdana saat masih bernama Piala UEFA. Pada 1971-1972 Tottenham Hotspur dan Wolverhampton Wanderers bersua di final dan dimenangkan Tottenham. Kini, duel sesama tim Inggris di final berpotensi tercipta kembali.

Arsenal paling besar pelu­angnya ke final musim ini. Itu setelah The Gunners meraih kemenangan 3-1 saat men­jamu Valencia di Stadion Emirates, Jumat (3/5) dini hari WIB. Gol-gol Arsenal diciptakan oleh brace Alex­andre Lacazette pada menit 18 dan 26, serta Pierre-Eme­rick Aubameyang pada menit 90. Valencia sejatinya sempat unggul pada menit 11 lewat Mouctar Diakhaby.

Tim asuhan Unai Emery itu percaya diri menatap laga leg kedua di markas Valencia pada 9 Mei mendatang. Meski begitu, The Gunners tak boleh lengah. Valencia jelas terpacu untuk bisa membalas keka­lahan pada leg pertama.

Sementara itu, meski tak menang, Chelsea juga me­metik modal penting usai menahan imbang tuan rumah Eintracht Frankfurt dengan skor 1-1. Sempat tertinggal lewat gol Luka Jovic pada me­nit 23, Chelsea mampu mem­balas melalui Pedro Rodri­guez pada menit 45. Chelsea hanya butuh skor imbang 0-0 di Stamford Bridge pada laga leg kedua, 9 Mei mendatang.

Khusus Chelsea, hasil seri itu sekaligus membuat me­reka mengukir rekor gemilang di pentas Liga Europa. Chel­sea menjadi tim pertama yang tak terkalahkan dalam 16 pertandingan beruntun di Liga Europa. The Blues me­matahkan rekor sebelummnya yang diukir Atletico Madrid pada 2011-2012.

Chelsea memulai rekor tak terkalahkan di Liga Europa sejak semifinal musim 2012-2013. Pada musim itu, Chelsea menjadi juara. Pada musim ini, Chelsea sudah 13 kali berlaga dan meraih 11 keme­nangan serta dua kali imbang. (jpc/jpnn)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan