Daya Minat Baca Dorong Peningkatan Kualitas SDM

SOREANG – Sesuai dengan misi untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manu­sia (SDM) dan Budaya Lite­rasi, 31 ketua tim penggerak Pemberdayaan Kesejahte­raan Keluarga (TP PKK) di­kukuhkan sebagai bunda li­terasi kecamatan.

Bunda Literasi Kabupaten Bandung Kurnia Agustina Dadang M.Naser mengatakan, tujuan dari pengukuhan bunda literasi kecamatan bertujuaan agar budaya baca masyarakat bisa terbangun melalui kehadiran sosok ibu sebagai teladan.

Menurutnya saat ini khusus­nya anak-anak, lebih senang bermain gadget dari pada membaca buku, menulis atau mencari pengetahuan lainnya, apalagi membudayakan untuk berliterasi. Selain menjadi te­ladan bagi keluarga, sosok ibu akan menjadi peran sentral membangun karakter gene­rasi muda.

”Ini merupakan agenda mendukung giat literasi, khu­susnya dalam membudayakan literasi untuk membangun SDM masyarakat disemua wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Bandung,” Kata Istri Bupati Bandung saat ditemui disela sela penguku­han kemarin (18/3).

Dia berharap, pembentukan kepengurusan struktur bun­da literasi tingkat kecamatan agar bisa menyentuh atau membentuk hingga desa. Pihaknya menargetkan, di semua pemerintah desa akan terbentuk struktural bunda literasi.

“Mudah-mudahan, akan lahir bunda literasi desa di 270 desa dan 10 kelu­rahan. Mereka harus mampu merangkul komunitas-komu­nitas TBM (taman baca ma­syarakat) yang sudah ada di tengah-tengah masyarakat, dengan program memaksi­malkan perpustakaan desa,” tuturnya

Selain pengukuhan Bunda Literasi Kecamatan, pada ke­sempatan yangs sama pihaknya medigelar rapat konsultasi serta pelantikan dan serah terima jabatan ketua TP PKK se Kabupaten Banduhng.

Sementara itu, Asisten Pe­merintahan Ruli Hadiana mengatakan, untuk mendu­kung pembangunan SDM masyarakat Kabupaten Bandung, peningkatan kua­litas meliputi pemantapan moral dan mental, peningka­tan kemampuan intelektual, keahlian, derajat kesehatan, kemandirian dan kepercay­aan akan bermuara pada peningkatan keberdayaan, produktivitas dan kesejahte­raan masyarakat.

“Untuk menggerakan misi tersebut, tentunya TP PKK sebagai salah satu organsasi perempuan dan mitra pe­merintah yang bergerak dalam bidang pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, dit­untut untuk selalu mengkon­solidasikan, merevitialisasi programnya, tak terkecuali setelah dikukuhkannya men­jadi Bunda LIterasi Kecama­tan,” pungkasnya. (yul/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan