Dalam Semalam Tiga ATM Dibobol Maling

CIMAHI – Insiden pembobolan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di kawasan supermarket di Jalan Jenderal Amir Machmud, Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi pada Senin (09/12) dini hari.

Dua dari enam ATM yang tersedia di Tempat Kejadian Perkara (TKP) dirusak agar uang bisa diambil dari mesin. Akibatnya, uang yang ada di dalam mesin ATM milik Bank Mandiri Rp 2 juta dan milik Bank OCBC NISP senilai Rp 100 ribu raib digasak maling.

Kanit Reskrim Polsek Cimahi AKP Nana Supriatna mengungkapkan, pihaknya menerima laporan adanya pembobolan dari pihak teknisi salah satu bank sekitar pukul 04.40 WIB.

”Teknisi itu menerima informasi dari pusat bahwa mesin STM di Broma offline. Setelah di TKP (Tempat Kejadian Perkara) ATM sudah rusak,” ujarnya saat ditemui di lokasi kejadian.

Setelah itu, jajaran Polsek Cimahi dan Polres Cimahi mendatangi TKP untuk melakukan pengecekan dan identifikasi. Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, dalam mesin ATM Bank Mandiri terdapat uang pecahan Rp 100 ribu sebanyak 20 lembar.

Sementara dalam ATM Bank OCBC NISP terdapat dua lembar uang pecahan Rp 50 ribu. Dari hasil pemeriksaan juga, terang Nana, pelaku yang diduga lebih dari satu orang itu merupakan spesialis pembobol ATM. Sebab, sebelum melakukan aksinya, pelaku mematikan listrik sehingga kamera CCTV yang ada di dalam ATM mati.

”Jadi sebelum masuk, dimatikan listrik yang terhubung dengan CCTV. Aksi membobolnya gak terekam CCTV. Mesin ATM-nya rusak parah,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolres Cimahi AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki mengatakan, selain di Kota Cimahi, aksi pembobolan juga terjadi di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Dia menduga aksi kejahatan di dua tempat itu dilakukan pelaku yang sama.

”Dalam satu hari ada dua TKP, total tiga ATM. Kita akan koordinasi dengan Polrestabes Bandung dan Polres Subang karena diduga pelakunya sama dilihat dari modusnya,” kata Yoris.

Dede Karyana (52), salah seorang securty menuturkan, dirinya memang yang setiap malam menjaga di kawasan Borma. Namun sesaat sebelum kejadian, tidak berada di lokasi sebab mengeluhkan sakit pada bagian perutnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan