Cipatat Bakal jadi Kawasan Sport Center dan Pariwisata

NGAMPRAH– Pemkab Bandung Barat berencana akan membangun pusat Pariwisata dan Sport Center di Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Rencananya, di area tersebut juga bakal dibangun stadion megah untuk masyarakat Bandung Barat.

Pemkab bakal mendapatkan suntikan dana dari pemerintah pusat hingga Rp 150 miliar untuk mewujudkan pembangunan stadion. Rencananya pembangunan mega proyek sarana olahraga tersebut, akan di pusatkan di Kecamatan Cipatat dengan luas lahan hingga 40 hektar. Bila terwujud, stadion tersebut menjadi yang pertama untuk memberikan sarana olahraga terbesar bagi masyarakat Bandung Barat.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bandung Barat, Ade Sudiana menyatakan, rencana pembangunan stadion tersebut sudah mendapatkan respon dari Kemenpora. “Tinggal kita siapkan proposalnya termasuk DED (Detail Engineering Design)
untuk diserahkan ke Kemenpora. Karena mereka sudah siap dan respon menunggu kita untuj memberikan bantuan hingga Rp 150 miliar,” kata Ade ditemui di Ngamprah, baru-baru ini.

Ade menyebutkan, di akhir tahun ini proposal ditargetkan sudah masuk ke pusat. Sehingga pada tahun 2021 proses pembangunan bisa selesai. Ini juga sebagai upaya persiapan Kabupaten Bandung Barat menjadi tuan rumah Porda (Pekan Olahraga Daerah) Jabar pada tahun 2022 mendatang. “Porda 2022 nanti kan melibatkan tiga daerah mulai dari Tasikmalaya, Subang dan Bandung Barat. Khusus di sini kita dipercaya menyiapkan 21 venue di antaranya cabor ski air, berkuda dan beberapa venue lainnya. Akan lebih baik jika kita memiliki stadion,” ungkapnya

Sementara itu, Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna berkomitmen untuk menyukseskan pelaksanaan Porda Jabar 2022 yang salah satunya Bandung Barat sebagai tuan rumah. “Bandung Barat akan menjadi tuan rumah dan kami berkomitmen untuk menyukseskan perhelatan olahraga tersebut. Sebagai tuan rumah, Insya Allah saya ingin mewujudkan pembangunan stadion yang bisa menjadi kebanggaan warga Bandung Barat. Doakan saja,” kata Umbara beberapa waktu lalu. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan