Cimahi Raih IGA 2019

CIMAHI – Kerja keras Pemerintah Kota Cimahi diganjar penghargaan. Kali ini, Kementerian Dalam Negeri melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP), menilai Cimahi termasuk satu dari sepuluh daerah dengan indeks inovasi daerah tertinggi di Indonesia.

Mendagri Tjahjo Kumolo, mengatakan, sejauh ini langkah pemerintah daerah di Cimahi untuk terus meningkatkan inovasi terbilang konsisten. Dari 102 inovasi yang teridentifikasi, terpilih 43 inovasi yang diajukan kepada kemendagri, dan terpilih 11 inovasi dengan nilai indeks inovasi tertinggi.

“Dengan begitu, Cimahi berhak mendapat penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2019,” kata Tjahjo usai memberikan penghargaan kepa Walikota Cimahi, Ajay M Priatna, di Jakarta belum lama ini.

Mekanisme penilaian IGA tersebut, dijelaskan Tjahjo, dilihat dari tiga hal yaitu aspek kuantitas, aspek kualitas, dan aspek manfaat. Semuanya didasarkan pada lima kriteria inovasi daerah. Kelima kriteria tersebut yaitu, mengandung pembaharuan seluruh atau sebagian unsur dari inovasi. Kedua, memberi manfaat bagi daerah atau masyarakat. Ketiga, tidak mengakibatkan pembebanan atau pembatasan pada masyarakat yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan. Keempat, merupakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan kelima, dapat direplikasi.

diantaranya Gastro Diplomacy Cireundeu, Katerpillar Hi-Park Cimahi, Unit Transfusi Darah RSUD Cibabat, Pesan Singkat Penduduk (Pesduk), Pelayanan Kependudukan One Day Service 3 in 1, Mobil Pelayanan Keliling, RW Tuntas., Penyederhanaan Perizinan Usaha, Pengembangan Sentra Susu Sapi Cipageran, Bank Sampah SAMICI dan Kader Perencana.

“Jangan terlena dengan penghargaan ini. Justru harus jadi pelecut agar mampu mewujudkan sejumlah inovasi lain yang tentunya bisa dirasakan oleh semuanya, termasuk masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Walikota Cimahi, Ajay M Priatna mengatakan, sangat berterimakasih atas kinerja perangkat daerah di lingkungan Pemkot Cimahi, yang selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi daerah dan masyarakat Cimahi.

“Saya ucapkan terimakasih atas sumbangsih yang telah diberikan. Dan saya juga berharap penghargaan ini harus dijadikan motivasi untuk lebih maju,” kata Ajay.

Atas penghargaan tersebut, Ajay menambahkan, tentunya seluruh perangkat daerah juga harus menunjukan kinerja terbaiknya di semua level. Kemudian terus meningkatkan kerja pelayanan public.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan