Calon Jamaah Haji Cimahi Mulai Diberangkatkan

CIMAHI – Para Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kota Cimahi mulai diberangkatkan ke Embarkasi Haji di Kota Bekasi pada Senin (15/7). Mereka akan mendapatkan pembekalan, sebelum akhirnya diterbangkan ke tanah suci mekkah.

Tercatat, pada gelombang pertama ini ada 410 CJH yang berangkat melalui kloter 33. Tujuh jemaah di antaranya harus menggunakan kursi roda, dan dua menggunakan tongkat.

Keberangkatan ratusan CJH itu dilepas oleh Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna, didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Cimahi, Munawir Sulaeman dari Pusdik Armed, Jalan Raya Baros, Kota Cimahi.

Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna mengatakan, kesempatan menunaikan ibadah haji ini harus dimanfaatkan para CJH dengan sebaik-baiknya. Apalagi, untuk pergi ke tanah suci sekarang ini harus menunggu hingga 15 tahun.

”Karenanya kesempatan menjalankan ibadah yang sangat terbatas harus dimanfaatkan dengan baik,” kata Ajay, usai melepas para calon haji tersebut.

Dikatakannya, menunaikan ibadah haji adalah sesuatu dirindukan umat Islam karena mendapat keistimewaan dari Allah SWT. Untuk itu, Ajay meminta para CJH tetap menjaga fisik dan mental dengan baik agar bisa melaksanakan rukun haji dengan lancar.

”Suhu di Arab Saudi diinformasikan mencapai 50 derajat celcius. Semoga disana mereka bisa menjaga kesehatan karena cuaca disana panas sekali,” katanya.

Bagi CJH yang menggunakan kursi roda, lanjut Ajay, itu akan didampingi petugas haji yang sudah disiapkan. Selain itu, mereka juga akan dikawal Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

”Mudah-mudahan datang ke sana bisa sembuh dan ibadahnya lancar, kembali ke Cimahi dengan selamat,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Cimahi, Munawir Sulaeman menambahkan, sebetulnya ada 580 CJH yang berangkat tahun ini. Namun yang diberangkatkan pada kloter 33 ini baru 410 orang.

”Untuk kelombang kedua berangkat 2 Agustus pada kloter 90. Jumlahnya 151 orang,” terangnya.

Khusus CJH gelombang dua, kata Munawir, keberangkatannya akan bersamaan dengan calon haji dari wilayah lain seperti Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat (KBB). Namu demikian, dia mengaku, secara keseluruhan, semua CJH asal Kota Cimahi sudah siap diberangkatkan ke tanah suci.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan