BWM Baiturrahman Dorong Masyarakat Sejahtera

CIPARAY – Pemerintah Ka­bupaten Bandung mengapre­siasi pondok pesantren (Pon­pes) Baiturrahman Ciparay karena telah membantu pro­gram pemerintah dalam upaya mengentaskan kemiskinan.

Bupati Bandung Dadang M. Naser mengatakan, Ponpes Baiturrahman Ciparay, telah mendirikan Bank Wakaf Mikro (BWM) Berkah Bersama Baitur­rahman (B3). Seperti ketahui bersama, ponpes adalah se­buah lembaga pendidikan. Namun, Baiturrahman telah membentuk lembaga keungan mikro berbasis syariah.

”Dengan adanya BWM, Pon­pes baiturrahman berkomit­men untuk memperdayakan masyarakat sekitar secara ekonomi,” Kata Dadang saat ditemui disela sela acara ge­rakan memasyarakatkan ma­kan ikan (Gemarikan) di Ci­paray, kemarin (22/2).

Menurutnya, dirinya berharap berdirinya BWM tidak di Pon­pes Baiturrahman saja, namun dapat berdiri di ponpes lainnya di Kabupaten Bandung.

”Saya berharap BWM B3 da­pat menjadi percontohan bagi ponpes-ponpes lainnya, dalam rangka menyejahterakan dan memberdayakan masyarakat, khususnya umat Islam di Ka­bupaten Bandung,” imbuhnya.

Sementara itu, ketua pengawas BWM B3 K.H. Yamin Kamaludin menjelaskan, BWM merupakan program baru pemerintah pu­sat yang berkaitan dengan pem­berdayaan masyarakat sekitar pesantren. Adapun sumber dananya, berasal dari donatur yang nantinya akan diberikan kepada nasabah.

Menurutnya, pada awal pen­diriannya, pihaknya mendapat suntikan dana sekitar 4 miliar. Satu miliar diperuntukan bagi nasabah, sisanya digunakan sebagai biaya operasional.

”Sampai saat ini, BWM B3 sudah memiliki 540 nasabah, alhamdulillah untuk tahap awal peminjaman semuanya lancar,” kata Yamin.

Dia mengklaim kehadiran BWM di Ponpes baiturrahman bisa memberikan efek positif kepada masyarakat. Sebab, selain bisa memberikan ke­sejahteraan secara finansial. Pihaknya juga, memberikan pemahaman agar masyarakat terhindar dari riba.

”Lewat kegiatan Sodakoh, Sabar dan Shalat (3S) atau bi­asa disingkat Mersis, masyara­kat diberikan kajian terutama terkait hukum riba. Kami terus berusaha memberikan pema­haman, diharapakan perlahan bisa mengubah mindset ma­syarakat,” akunya.

Hal yang sama dikatakan ma­nager BWM B3 Dahlan Irfan menurutnya, BWM Baiturrahman tercatat kedua di Indonesia ka­rena jumlah nasabah banyak.

”Dari 10 BWM yang ada di Indonesia, Baiturrahman me­miliki 540 nasabahnya. Se­hingga, menempati urutan kedua nasabah terbanyak. Kami memberikan modal usaha secara bertahap, dengan proses mudah,” tuturnya

Tinggalkan Balasan